6 Hal Yang Perlu Kamu Rencanakan Agar Honeymoon-mu Tidak Jadi Kenangan Buruk

LifestyleHoneymoonTips and Trick

6 Hal Yang Perlu Kamu Rencanakan Agar Honeymoon-mu Tidak Jadi Kenangan Buruk

Saat kita sudah benar-benar jatuh cinta dengan pasangan, rasanya pasti ada satu tujuan akhir yang didambakan ya: pernikahan. Menyatukan diri kalian berdua, kedua keluarga besar, membayangkan indahnya hari pernikahan, sampai honeymoon tentu menjadi bagian tak terpisahkan dari pernikahan yang ideal menurut sebagian besar orang.

Nah, sama seperti “acara” apa pun, perencanaan honeymoon yang tidak baik justru bisa membawa petaka nantinya. Karena itu, nih simak dulu beberapa tips merencanakan honeymoon agar bisa berjalan lancar dan buat kamu serta pasangan happy!

Sudah Ready Dari Jauh-Jauh Hari

"Failing to prepare is preparing to fail", pernah dengar istilah itu? Ya, persiapkan honeymoon kamu dan pasangan dari jauh-jauh hari, mulai dari transportasi dan akomodasi, juga lokasi-lokasi favorit yang tidak boleh dilewatkan.

perencanaan-peta

Tanpa perencanaan yang baik, rasanya agak mustahil honeymoon dengan pasangan bisa berjalan dengan lancar. Pikirkan juga hal-hal yang tidak boleh kamu lewatkan dalam perjalanan, misalnya saja kamera untuk mengabadikan momen bersama pasangan, juga obat-obatan, sekiranya liburanmu jauh dari klinik atau pun dokter.

Jangan lupa untuk menjaga keamanan barang-barang selama liburan nanti, kamu bisa antisipasi dengan membawa tas dengan kantung dalam untuk meletakkan paspor, tiket, atau pun dompetmu.

Rencanakan Bersama Pasangan

Karena honeymoon berarti tokoh utama-nya adalah kamu dan pasangan, jangan lupa untuk merencanakannya berdua. Mulai dari pilihan destinasinya, sampai akomodasi dan transportasi yang digunakan. Jangan sampai ada pertengkaran yang tidak perlu karena hanya salah satu pihak yang merencanakannya dan ternyata pihak lain tidak menyukai rencana tersebut.

Jangan Bergantung Pada Satu Referensi Saja

Zaman yang canggih sekarang ini informasi apa pun yang kamu butuhkan pasti ada di internet. Mulai dari foto-foto destinasi pilihan, cara menuju ke sana, sampai tempat penginapan terbaik. Meskipun begitu, jangan cuma mengandalkan dari satu website saja. Cari juga referensi dari beberapa website lain, karena bisa saja ada blind spot yang sebelumnya tidak kamu sadari.

laptop-1

Selain itu, jangan cuma mengandalkan informasi yang terpampang di website saja. Kamu bisa bertanya kepada kenalanmu yang sudah pernah berkunjung ke lokasi tujuan honeymoon-mu tersebut. Dengan begitu, informasi yang kamu miliki lebih lengkap dan kamu lebih tahu mau jalan kemana nanti.

Tips: Sebisa mungkin jangan mengikuti sama persis itinerary yang dibuat oleh orang lain, karena bisa jadi apa yang mereka dan kamu senangi berbeda.

Jangan Sampai Bikin Kalian Misqueen

Perayaan pernikahan yang melibatkan sewa tempat dan catering saja sudah besar biayanya, karena itu kamu harus merencanakan keseluruhan honeymoon dengan baik. Tentu kalian tidak mau kan, liburan kalian malah mempersuli diri sendiri dan pasangan sesudah euphoria itu berakhir?

Tentukan dari awal, berapa budget biaya keseluruhan untuk perjalanan honeymoon kamu dan pasangan. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa kamu perlu merencanakannya jauh-jauh hari. Termasuk juga terkait harga transportasi dan akomodasi yang bisa melejit tinggi jika harinya semakin dekat. Rencanakan juga budget untuk makanan, belanja, sampai oleh-oleh yang sekiranya perlu kamu beli.

Biaya Tak Terduga Suka Datang Belakangan

Selain biaya-biaya utama seperti transportasi, akomodasi, dan makan, perhatikan juga biaya-biaya yang “tersembunyi” yang wajib kamu keluarkan. Misalnya saja tambahan biaya bagasi, visa, dan biaya transportasi. Terlebih sekarang ada beberapa maskapai yang tidak lagi menggratiskan biaya bagasi bagi penumpang. Meskipun kadang terlupakan, ternyata mereka yang nantinya bisa “mencekik” kamu dan pasangan kalau tidak diperhitungkan dengan baik.

Jangan Lupa Istirahat

Tiba di destinasi baru tentu sangat menyenangkan dan membuatmu bersemangat ya. Tapi jangan lupa untuk memperhatikan keseimbangan antara senang-senang dan istirahat. Jangan sampai kamu dan pasangan terlalu semangat jalan-jalan sampai akhirnya sakit dan justru menghabiskan honeymoon dengan rebah di ranjang, atau bahkan ke rumah sakit.

pemandangan-laut

Tentu bukan suatu kenangan yang menyenangkan untuk diingat bukan? Terlebih, kalau setelah pulang kamu harus kembali bekerja, jangan sampai drop karena kelelahan. Istirahat yang berkualitas pada saat honeymoon juga menjadi poin penting yang harus kamu perhatikan. Buat itinerary-mu cukup santai, tapi tetap mencakup sebagian besar lokasi favorit di destinasimu tersebut.

Hari Libur Anak Sekolah - Recipe for Disaster

Kalau kamu dan pasangan merupakan karyawan sudah bekerja, biasanya opsi yang kamu pilih adalah di tanggal merah atau hari libur yang cukup panjang ya. Tapi awas, perhatikan hari libur apa yang jatuh di tanggal tersebut. Kalau itu ternyata juga merupakan hari libur sekolah, siap-siap crowded dan padat di setiap tempat liburan ya!

Sebisa mungkin hindari akhir pekan kalau kamu mau ke taman bermain, atau tempat-tempat yang mengharuskan antre.

Ingat juga kalau honeymoon itu tidak selalu harus bepergian ke tempat-tempat yang jauh kok. Kalau memang budget atau waktumu terbatas, ada banyak pilihan destinasi lokal yang ciamik nan romantis, di mana kamu dan pasangan bisa menikmatinya bersama. Yang penting kan ada kebersamaan untuk kalian berdua, dan menikmati setiap momen yang ada. Siap sedia, alamat.com punya segudang informasi tempat-tempat lokal menarik untuk kamu dan pasangan ber-honeymoon ria, ayo cek sekarang!

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia http://about.me/geraldytony