50/30/20 Rule: Cara Mudah Mengatur Budget Keuangan Sehari-hari

Tips and TrickFinanceBudgeting

50/30/20 Rule: Cara Mudah Mengatur Budget Keuangan Sehari-hari

Apa itu 50/30/20 Rule?

50/30/20 rule adalah salah satu cara mengatur budget keuangan yang efektif dan cukup populer digunakan banyak orang. Caranya adalah dengan membagi-bagi pemasukan yang kamu terima sebanyak 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk jajan dan hobi, 20% untuk tabungan. Selain itu, jangan lupa sebelum kamu bagi, ingat bahwa pemasukan tersebut harus terlebih dahulu dipotong pajak dan BPJS agar mudah kamu hitung.

50-30-20-rule
sumber gambar: The Balance

Cara ini efektif apalagi buat kamu yang baru mulai bekerja. Dengan membagi-baginya sesuai kategori, kamu bisa mengatur budget keuangan dengan seimbang, antara kewajiban, tujuan, dan keinginan untuk hedon dan berbelanja.

Langkah 1: Alokasikan 50% dari pemasukan untuk kebutuhan sehari-hari

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membatasi kebutuhan sehari-hari senilai 50% dari pemasukanmu setelah pajak.

hitung-tagihan

Kebutuhan ini mencakup apa saja? belanja bulanan, asuransi, cicilan, biaya kos, kartu kredit contohnya. Kebutuhan adalah sesuatu yang mempengaruhi kualitas kehidupanmu. Di luar itu, bisa jadi itu sebenarnya sekadar keinginan, bukan kebutuhan.

Langkah 2: Batasi jajan dan hedon sampai dengan 30% dari pemasukan

Langkah kedua untuk mengatur budget keuangan ini adalah dengan membatasi keinginanmu untuk berbelanja atau hedon. Beli baju baru misalnya atau makan buffet enak di restoran mahal.

belanja

Mengatur budget tentu akan sulit kalau masih belum bisa membatasi diri, seperti pada saat melihat diskon di toko baju, atau pun promo tiket murah untuk liburan. Karena itu, kamu harus cerdik untuk membedakan mana yang kebutuhan sehari-hari dan mana yang bukan.

Langkah 3: Sisakan 20% selebihnya untuk ditabung

80% dari penghasilanmu sudah kita alokasikan, berarti sisanya tinggal 20% saja. Nah, dalam mengatur budget keuangan, 20% ini bisa kamu gunakan untuk ditabung atau investasi, sesedikit apapun, tetap perlu ditabung ya.

koin-ditabung

Sedikit-sedikit pasti lama-lama akan menjadi bukit. Ingat bahwa menabung itu penting ya untuk kebutuhan darurat yang bisa muncul di saat yang tidak kamu duga.

Mengatur keuangan memang menjadi tantangan tersendiri, tapi bukan berarti mustahil kok. Cara ini bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatur pemasukanmu. Semakin awal kamu mulai mengatur budget keuangan, semakin tenang dan bisa kamu lihat hasilnya kelak.

Nah, kalau dengan cara ini kamu bisa mengatur budget keuanganmu. Dengan alamat.com kamu bisa mengurangi budget keuanganmu lho. Kenapa? Karena, di alamat.com kamu bisa menemukan berbagai promo dan penawaran terbaik dari toko dan brand di sekitarmu.

Dengan begitu, kamu pun bisa dengan tenang mengeluarkan uang tanpa membuat kantung “kembang kempis”.

Artikel ini ditulis oleh Irene Gianov

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia