Trik Jitu Menangkan Persaingan Bisnis Dari Kompetitor

BisnisAlamat SuksesInfo BisnisTips and Trick

Trik Jitu Menangkan Persaingan Bisnis Dari Kompetitor

Tak peduli seberapa besar, atau pun seberapa kecilnya bisnismu, persaingan bisnis akan selalu ada. Sukses berbisnis tidak terlepas dari kesuksesan menghadapi kompetitor bisnis yang kamu miliki. Bisnis apa pun pasti akan ada pesaing. Terlebih, jika bisnis tersebut dilihat cukup sukses oleh orang lain, tentu akan ada saja yang mengikuti. Baik itu berkompetisi secara sehat dengan menggunakan merk lain dan menonjolkan keunikan lain, maupun yang terang-terangan menjiplak dengan “memplesetkan” merk yang ada.

accomplishment-achievement-adult-1059120-min

Tenang, persaingan bisnis bisa menjadi “bumbu” dalam perjalanan bisnismu nih. Karena, kamu akan terus terpacu untuk jadi lebih baik, dan belajar banyak dari kompetitor bisnismu. Agar sukses berbisnis, berikut adalah cara bagaimana “selamat” dan menang dalam persaingan bisnis yang kamu alami, simak yuk!

Bagaimana Caranya Sukses Berbisnis Dan Memenangkan Persaingan Bisnis?

Jika itu pertanyaan yang ada di benakmu, bagus, kamu sudah merasa “tidak tenang” dengan keberadaan kompetitor bisnis yang ada sekarang. Dalam info bisnis kali ini, ada 5 langkah yang bisa kamu terapkan untuk menjaga pasar dan customer-mu, apa saja?

  1. Kenali Bisnismu Secara Mendalam
    Akan sulit untuk membuat strategi, kalau kamu sendiri pun tidak mengenali “dirimu” sendiri. Jadi langkah pertama untuk sukses berbisnis adalah mengenali terlebih dahulu bisnismu. Termasuk apa keunikan dan keunggulan yang kamu tawarkan, yang berbeda dari kompetitor bisnis-mu. Misalnya ada ciri khas warna maupun bentuk tertentu, maupun fasilitas tertentu yang kamu sediakan di bisnismu. Dengan ciri khas tersebut, kamu pun bisa diingat dan punya tempat khusus di hati customer.

  2. Kenali Kompetitor Bisnis kamu
    Setelah mengenal dirimu sendiri, kamu harus “berkenalan” dengan kompetitor bisnis kamu. Cari tahu siapa mereka, apa yang mereka tawarkan, serta apa kelebihan dan kekurangan mereka. Lebih baik lagi, kalau kamu bisa mengenal mereka secara langsung, karena lawan pun bisa jadi kawan kalau kamu menghadapinya dengan tepat. Setelah mengenalnya, barulah kamu tahu, strategi apa yang bisa kamu terapkan untuk bisa bersaing dengan mereka.

  3. Kenali Target Market Bisnis kamu
    Pada tahap ketiga ini, kamu harus mengenali siapa yang menjadi sasaran sebenarnya. Percuma memikirkan berbagai strategi “bertarung” tanpa tahu siapa yang sebenarnya kamu sasar, apa tujuanmu sebenarnya. Kamu jadi seperti prajurit yang menyerang sembarangan, ya kan? Cari tahu dan kenali, pangsa pasar mana yang kamu incar, kenali karakteristik mereka, baru terapkan strategi yang sesuai. Ini berlaku juga dalam hal “pilih-pilih pasar” yang ingin kamu tekuni. Tentunya, kamu tidak bisa membahagiakan dan memenuhi kebutuhan semua orang. Karena itu untuk sukses berbisnis, penting menentukan dengan jelas dan spesifik, siapa yang kamu tuju, agar apa yang kamu sajikan tidak melebar ke mana-mana. Beberapa produk spesifik lebih baik daripada 100 produk yang terlalu beragam. Setelah bisnismu berjalan, jangan lupa untuk melengkapi data customer yang ada, agar kamu bisa menjaga hubungan baik, sekaligus memberitahukan jika ada diskon atau pun promosi.

  4. Berikan Harga Terbaik yang Sesuai
    Sebaik apa pun barang yang kamu jual, laku atau tidaknya juga ditentukan oleh harga yang sesuai. Jika kamu mengincar kategori menengah ke bawah, kalau kamu berikan harga yang terlalu tinggi, tentunya tidak akan ada yang melirik. Begitu pula jika kamu mengincar kategori menengah ke atas, harga terlalu rendah yang kamu berikan akan membuat customer meragukan kualitas barang daganganmu. Karena itu, kamu harus tahu berapa harga terbaik yang bisa kamu tawarkan, tentunya dengan menghitung modal yang kamu keluarkan untuk produksi ya. Dengan begitu, barulah jalan untuk sukses berbisnis terbentang luas di hadapanmu.

  5. Promosi di Wadah yang Tepat
    Promosi pun penting adanya, agar lebih banyak lagi orang yang tahu tentang bisnismu. Gunakanlah semua media promosi yang sesuai dan cocok dengan bisnis yang kamu miliki. Mulai dari media fisik seperti brosur, banner, sampai flyer, juga promosi secara online. Zaman sekarang kita semakin dipermudah pula untuk menjangkau lebih banyak orang ya. Misalnya saja dengan media sosial, platform e-commerce, maupun di website terpercaya yang bisa memberikan info bisnis bagi customer. Seperti di Alamat.com, info bisnis-mu beserta ulasan yang diberikan customer-mu bisa terpampang sehingga bisa membuat mereka lebih yakin untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Jangan Pernah Berhenti Belajar, Gagal Itu Biasa

Memang, ini ungkapan lama, tapi benar adanya dan bisa diterapkan agar kamu sukses berbisnis. Jangan pernah berhenti belajar, karena ketika berhenti, tinggal menunggu waktu kapan bisnismu akan runtuh. Karena teknologi dan pasar terus berkembang, kamu pun tidak boleh tertinggal, dan harus terus berinovasi. Amati tren yang berkembang, apa keinginan pasar, serta bagaimana produk yang kamu tawarkan bisa memenuhi hal tersebut. Dengan begitu, persaingan bisnis pun bisa kamu lalui dengan baik dan berhasil, sukses berbisnis bukan suatu hal yang mustahil kan?

pexels-photo-415068-min

Jaga Kualitas Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis!

Memberikan yang terbaik, baik itu kualitas produk maupun pelayanan, merupakan suatu keharusan dalam menjalankan bisnis, ingat itu sebagai salah satu info bisnis buatmu. Yang perlu diingat, jangan sampai kamu memberikan yang terbaik hanya di awal, ketika pertama kali bertemu dengan customer ya. Kualitas dan nama baik sangat penting untuk dijaga, karena itu pertahankan kualitas yang kamu miliki. Berbeda kualitas dengan yang sebelumnya karena kamu lebih baik, itu wajib. Tapi jangan sampai perbedaan itu berarti kualitas produkmu menjadi lebih buruk. Tentu kamu tidak mau kan, pembeli “kapok” dengan barang daganganmu? Karenanya, untuk memenangkan persaingan bisnis dengan kompetitor bisnis-mu, kamu perlu menjaga kualitas terbaik.

Terima Masukkan Positif dan Negatif

Ingat info bisnis ini, “masa kita hanya mau menerima yang baik, tanpa menerima yang buruk”? Karena setiap pendapat dari customer berharga, dan harus dijadikan bahan pembelajaran untuk ke depannya. Pendapat atau ulasan dari customer justru membuat kita mengerti, apa sebenarnya ekspektasi yang mereka miliki terhadap bisnis kita.

Salah satu strategi memenangkan persaingan bisnis adalah mendengarkan banyak masukkan, dan membenahi diri jika diperlukan. Kalau bingung dari mana ulasan tersebut didapatkan, kamu bisa menggunakan Alamat.com, di mana customer bisa meng-upload foto, memberikan ulasan, serta mendapatkan reward points sebagai bonusnya. Kamu pun akan dimudahkan, karena bisa melihat masukkan dari customer sekaligus dikenal oleh lebih banyak lagi masyarakat. Win-win solution bukan?

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov.

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia http://about.me/geraldytony