Trend natal di Jepang: Makan KFC!

NatalTrendMunchiesKFCJepang

Trend natal di Jepang: Makan KFC!

Tempat-tempat ramai di ibu kota pasti memberikan dekorasi yang cantik untuk menyambut hari natal di Bulan Desember. Hiasan cantik dan pohon natal bisa dilihat di sebagian besar tempat, terutama di mall dan pusat perbelanjaan. Selain dekorasi, momen natal adalah momen yang menyenangkan untuk berkumpul dan makan bersama keluarga.

Biasanya, makan-makan saat natal ini akan dirayakan se-elegan dan semenarik mungkin. Nah, berbeda dengan tradisi tersebut, ternyata orang Jepang justru melewatkan momen natal dengan makanan cepat saji, KFC! Iya, Kentucky Fried Chicken (KFC) yang biasa kamu santap sehari-hari, justru menjadi hidangan spesial bagi masyarakat Jepang saat natal tiba. Penasaran bagaimana ceritanya?

KFC identik dengan perayaan Hari Natal di Jepang

Benar kok, kamu tidak salah baca. KFC benar jadi makanan andalan natal di Jepang bagi masyarakatnya. Bahkan, penjualan KFC meningkat 10 kali lipat pada Bulan Desember saat natal tiba, wow!

Masyarakat Jepang yang merayakan natal dengan makan dan berkumpul keluarga menyantap KFC. Ini sudah menjadi sebuah tradisi sehingga agak aneh jika melewatkan natal tanpa makan KFC. Selain itu, kalau kamu mau menikmati Christmas Dinner spesial di KFC, kamu harus pesan beberapa minggu sebelumnya. Kalau tidak, kamu bisa mengantre dan menunggu berjam-jam untuk bisa menikmati KFC saat natal di Jepang nih. Unik ya?

kentucky-christmas
sumber gambar: kotaku

Bagaimana makan KFC saat natal bisa menjadi sebuah trend di Jepang?

Nah, “perjalanan panjang” ini dimulai pada tahun 1970, ketika Takeshi Okawara mendengar ada orang asing yang mengeluhkan bahwa mereka kangen masakan daging kalkun untuk melewati natal. Takeshi Okawara ini adalah manager pertama KFC di Jepang yang kemudian menjadi CEO KFC Jepang pada 1984.

Keluhan yang ia dengar itu justru menjadi inspirasi untuk menggantikan daging turkey itu menjadi ayam KFC, membuatnya menciptakan tradisi baru di Jepang bagi masyarakatnya merayakan hari natal. Promosi yang KFC lakukan menjadi viral di Jepang pada tahun 1974, dengan namanya “Kurisumasu ni wa Kentakkii”, atau artinya Kentucky (KFC) untuk Hari Natal.

Jika kita perhatikan, pada awalnya tidak ada banyak kebutuhan untuk perayaan Hari Natal di Jepang, karena memang yang merayakannya di negara sakura itu tidaklah banyak. Karena itu, KFC kemudian hadir dan “menjelaskan” bahwa seolah-olah ada tradisi yang harus dilakukan pada saat natal di Jepang, yaitu makan ayam KFC.

Sekarang ini, selain ayam, paket makan natal di Jepang ala KFC terdiri juga dari berbagai item lainnya seperti kue, ayam panggang, bahkan, ada wine yang juga ditawarkan untuk menjadi pelengkap makan natal-mu. Masyarakat Jepang bisa memilih paket yang regular, maupun yang premium, sebagai santap keluarga di hari natal.

kfc-christmas-platter

ayam-kfc
sumber gambar: KFC Japan

Nah, untuk natal tahun ini, apa yang kamu rencanakan? Makan, bersenda gurau, dan saling bertukar sapa saat makan natal dengan keluarga atau pun teman-teman pasti sangat menyenangkan ya. Ingat, jangan terlalu sibuk sendiri dengan aktivitas sampai mengabaikan waktu kebersamaan dengan orang terkasih. Baik itu ikutan makan KFC seperti orang Jepang atau makan di restoran favoritmu, coba deh mulai cari dari sekarang.

Kalau bingung, yuk cari restoran favoritmu di alamat.com, karena ada banyak pilihan restoran di sekitarmu, plus review orang-orang yang sudah pernah berkunjung. Jadi kamu tahu nih, apa restoran yang kamu inginkan cocok untuk makan-makan natal di bulan Desember ini.

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia http://about.me/geraldytony