7 Tips Resolusi Tahun Baru Anti Gagal Yang Bisa Kamu Terapkan

Tips and TrickResolusi Tahun Baru2019

7 Tips Resolusi Tahun Baru Anti Gagal Yang Bisa Kamu Terapkan

“New Year, New Me,” Coba, coba, berapa sering ya kita bicara begini setiap tahun? Memasuki akhir tahun, atau memulai awal tahun yang baru, pasti kita mulai terpikir dan sibuk menyusun resolusi tahun baru apa saja yang mau kita capai di tahun 2019. Mulai dari selangkah lebih dekat dengan mimpi, mulai rutin olahraga, menghabiskan buku yang dibeli ketika diskonan, belajar hal baru, semua kita list satu per satu. Nah masalahnya, seberapa sering sih kamu setiap tahun membuat resolusi baru, dan akhirnya tiba lagi di Bulan Desember, dengan banyak yang belum dijalankan? Stop! Yuk, menyambut tahun 2019 ini mulai buat resolusimu dengan tepat, agar bisa ada pencapaian di tahun 2019. Kalau bingung, simak tujuh tips resolusi tahun baru ini ya!

1. Buat perencanaan yang realistis

Betul, bermimpi memang harus setinggi-tingginya, tapi harus dengan perencanaan yang realistis ya. Nah, untuk tips resolusi tahun baru yang pertama, kenalan yuk sama istilah SMART, alias Specific, Measurable (bisa diukur), Achievable, Realistic, dan Time-Bound (ada “deadline”nya). Jadi untuk resolusi yang kamu buat, jangan lupa pastikan itu SMART ya.

2. Buat rencana dengan detail

Pernah dengar istilah gagal untuk bersiap, sama dengan bersiap untuk gagal? Nah, karena itu kami ingatkan untuk tips resolusi tahun baru yang kedua ini, bahwa perlu lakukan perencanaan dengan detail. Ini juga termasuk dengan membuat rencana B dan C ya, kalau-kalau rencana A-mu tidak berjalan mulus.

to-do-list

3. Catat perkembangan yang kamu buat

Tentunya akan jauh lebih sulit mengetahui bagaimana perbandingan apa yang kamu capai di akhir dengan kondisi awalmu kalau kamu tidak punya catatan apa pun. Karena itu, mencatat perkembangan yang kamu lakukan sangat penting nih, agar bisa evaluasi apa yang perlu diperbaiki, dan berapa jauh lagi harus melangkah. Makanya, ini jadi salah satu poin yang kamu tuliskan dalam tips resolusi tahun baru buatmu.

4. Disiplin!

Untuk tips resolusi tahun baru yang keempat ini sebenarnya sangat penting. Tidak peduli seberapa banyak yang kamu rencanakan, seberapa canggih rencananya, kamu tidak akan pernah sampai tujuan kalau tidak disiplin, ingat ya!

wanita-berlari

5. Mulai, bahkan dari hal terkecil

Kadang punya mimpi besar bisa jadi menakutkan, karena terasa jauh sekali. Makanya, di tips resolusi tahun baru ini, kami mau sarankan buat kamu, untuk mencoba melangkah dulu meskipun dari hal hal yang kecil. Karena, nyatanya perjalanan ribuan langkah dimulai dari satu langkah kecil nih. Hal paling kecil dan sederhana pun tak masalah, asal mulai dulu.

6. Berikan hadiah untuk dirimu

Bukan hanya untuk orang lain, hadiah kecil dan penghargaan juga boleh kamu berikan untuk dirimu sendiri lho. “Traktir” dirimu sendiri untuk pencapaian yang sudah kamu lakukan. Misalnya, dengan makan enak, belanja, atau pun jalan-jalan dengan sahabat-sahabatmu. Tapi perlu diingat dari tips resolusi tahun baru ini, jangan sampai kebablasan ya.

hadiah

7. Kegagalan itu bagian dari proses

Kegagalan pasti ada dalam perjalanan panjang kita, jadi tidak perlu terlalu ditakuti. Kalau kamu gagal, itu artinya kamu sudah melakukan dan mencoba sesuatu, dibanding kamu hanya duduk diam dan menunggu hal baik terjadi. Ingat juga, jangan terlalu keras pada dirimu sendiri, dan maafkanlah dirimu kalau salah langkah. Setelah itu, jangan lupa untuk bangkit dan maju kembali.

Nah, jadi tunggu apa lagi, mulai buat resolusi tahun 2019-mu dengan tips resolusi tahun baru di atas ya. Tahu nggak, apa pun resolusimu, kamu bisa mulai dari Alamat.com nih. Kalau tahun depan kamu bertekad lebih berkomitmen dengan olahraga, berbagai pilihan tempat gym bisa kamu temukan di alamat.com. Lalu, kalau kamu bertekad untuk makan lebih sehat dan tidak melulu di restoran yang sama, kamu juga bisa cari restoran terdekat di alamat.com loh. Apa pun resolusimu di tahun 2019, yuk cek inspirasi tempatnya di alamat.com, karena kami selalu siap membantu!

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia http://about.me/geraldytony