Tips Make Up dan Skin Care Agar Kulitmu Sebening Kaca ala Glass Skin

Health & BeautyMake upSkin CareGlass SkinTips and Trick

Tips Make Up dan Skin Care Agar Kulitmu Sebening Kaca ala Glass Skin

Korea tidak hanya terkenal dengan drama romantis ataupun grup k-pop berbakat, namun juga trend kecantikan yang bisa dikatakan unik. Berbeda dengan trend kecantikan barat yang identik dengan tampilan make up bold dan perawatan kulit minimalis, Korea justru memiliki tren make-up natural dengan perawatan kulit yang maksimal. Salah satu tampilan kulit yang banyak menjadi perbincangan dari Korea yaitu glass skin atau bisa diartikan sebagai “kulit sebening kaca”.

Ellie-choi-instagram

sumber gambar: Instagram - @elliejellyb3an

Sesuai namanya, glass skin merupakan tren di mana kulit terlihat bersih dan berkilau seperti kaca. Istilah ini menjadi viral karena foto selfie seorang Make Up Artist Ellie Choi di Los Angeles yang memperlihatkan kulitnya yang sehat dan glowy. Postingan ini pun menjadi viral dan banyak diperbincangkan di berbagai media.

Tips Perawatan Kulit untuk Mendapatkan Glass Skin

Untuk mendapatkan kulit bening ala glass skin secara alami, perlu perawatan kulit yang tepat. Ingin kulitmu sebening kaca? Ini dia tips dan rekomendasi perawatan kulit yang bisa kamu lakukan!

1. Double Cleansing untuk Kulit Bersih Maksimal

Sisa make up hingga debu yang tidak dibersihkan secara menyeluruh bisa membuat kulit berjerawat atau terlihat kusam. Coba teknik double cleansing, yaitu membersihkan kulit dengan 2 formula pembersih, oil-based cleanser dan water-based cleanser untuk bisa mengangkat semua kotoran dari kulit. Kamu yang ingin mencoba teknik double cleansing bisa menggunakan cleansing balm, micellar water, atau oil cleanser untuk mengangkat kotoran pada wajah. Kemudian, lanjutkan mencuci wajah menggunakan face wash dan air bersih.

2. Pilih Toner yang Melembapkan

Setelah wajah bersih, siapkan kulit untuk menyerap produk skin care dengan menggunakan toner. Agar kulit bisa terasa lebih lembap, pilih hydrating toner untuk menyeimbangkan pH kulit dan memberikan kelembapan ekstra. Selain itu, Christine Chang, pemilik butik kecantikan Korea Glow Recipe juga menyarankan kamu untuk mencoba 7 Skin Method. Ini adalah metode menggunakan toner hingga 7 lapis dalam rutinitas skin care kamu, dan terutama cocok bagi pemilik kulit kering. Namun, pastikan toner-mu tidak mengandung alkohol untuk teknik 7 Skin Method, ya! Pasalnya, kandungan alkohol dalam toner bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan berpotensi mengiritasi.

3. Moisturizer dengan Dewy Finish

Kunci dari kilau sehat pada kulit glass skin ada pada kelembapannya. Kulit tidak akan terlihat glowy apabila kering dan flaky. Karena itu, penting untuk menggunakan moisturizer untuk membuat kulit selalu lembap dan kenyal. Pemilik kulit kering bisa menggunakan moisturizer dengan kandungan hyaluronic acid. Kandungan ini bersifat humektan, dan berguna untuk mengikat atau menarik air dari udara sehingga kulit bisa terasa lebih lembap. Tidak hanya membuat kulit terlihat sehat dan bersinar, kelembapan yang terjaga juga bisa mengurangi garis halus, membuat kulit lebih lembut, dan mengencangkan kulit.

4. Hilangkan Sel Kulit Mati dengan Exfoliating

Kulit glass skin tidak hanya terlihat berkilau, tetapi juga lembut dan halus. Karena itu, jangan sampai kulitmu terasa kasar akibat penumpukan sel kulit mati jika ingin memiliki kulit ala glass skin. Bersihkan sel kulit mati dengan melakukan exfoliating. Exfoliating bisa dilakukan dengan menggunakan toner AHA (alpha hydroxy acid) atau BHA (beta hydroxy acid). Kandungan kedua asam ini bisa mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit terasa lebih halus, dan lebih direkomendasikan daripada menggunakan scrub yang bisa mengiritasi.

aha-bha

sumber gambar: ZOEY's beauty play

Bedanya, AHA lebih cocok digunakan pada kulit normal hingga kering, atau kulit yang rusak akibat matahari. AHA bekerja di permukaan kulit, serta efektif untuk mengurangi tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari. Sedangkan BHA bekerja hingga ke bagian dalam pori-pori dan larut dalam minyak, sehingga lebih cocok untuk kulit normal hingga berminyak, atau kulit yang rentan berjerawat (acne prone), komedo, pori-pori besar, serta noda hitam.

5. Manjakan Kulit dengan Sheet Mask

Lelah dan stress juga bisa membuat kulitmu terlihat kusam, sayu, dan kehilangan rona alaminya. Jika sudah begini, kamu bisa sesekali menggunakan sheet mask untuk mengembalikan kesegaran kulit. Dalam postingannya yang menjadi viral, Ellie Choi menyatakan bahwa dirinya kerap memakai 1 hingga 2 sheet mask setiap minggunya. Serunya lagi, skin care simpel satu ini memiliki banyak manfaat berbeda, mulai dari untuk melembapkan kulit hingga menjaga kulit dari tanda-tanda penuaan (anti aging).

6. Minum Air Putih yang Cukup dan Jaga Pola Makan Anda

Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi kondisi kulit, seperti lingkungan, cuaca, hingga makanan. Memang tidak semua orang memiliki pemicu yang sama, namun ada baiknya jika kamu menghindari makanan yang bisa membuat kondisi kulitmu semakin buruk. Dalam hal ini Ellie secara khusus menghindari makanan yang berminyak karena bisa mempengaruhi kondisi kulitnya. Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup agar kulit terhidrasi dari dalam.

Tips Mendapatkan Glass Skin dengan Make Up

Selain dengan rajin menggunakan produk perawatan kulit, glass skin juga bisa didapat dengan bantuan make up. YouTuber asal Korea, Pony, membagikan tips make up untuk mendapatkan tampilan kulit sebening kaca yang glowy.

pony-make-up-tips

sumber gambar: Instagram - @ponysmakeup

Dalam wawancaranya dengan Marie Claire, Pony mengatakan bahwa Ia tidak menggunakan produk yang kasar seperti scrub dan rutin menggunakan exfoliator setiap 2 hingga 3 bulan. Selain itu, YouTuber dengan 5 juta subscriber ini juga menekankan pentingnya skin care sebelum make up. Ia juga secara personal menyebutkan produk make up base favoritnya, Shiseido Synchro Skin Glow Cushion Compact, yang dianggap memiliki coverage sempurna dan ringan di kulit.

Lain dengan Pony, Sir John--seorang make up artist dengan klien selebriti ternama seperti Beyonce, Karlie Kloss hingga priyanka Chopra--memiliki tips tersendiri dalam menciptakan tampilan glass skin dengan make up. Tips tak lain adalah dengan menggunakan illuminating primer ataupun highlighter. Produk berkilau ini biasa digunakan untuk menambah efek kilau pada wajah, sehingga wajah terlihat dewy.

Kulitku Berminyak, Gimana Dong?

Cuaca panas dan gerah merupakan musuh terbesar bagi para wanita dengan kulit berminyak untuk tampil flawless sepanjang hari. Tak jarang, make up atau skin care yang digunakan justru malah membuat kulit terasa tidak nyaman. Untuk meminimalisir hal ini, kamu dengan kulit berminyak sebaiknya tidak buru-buru mengikuti tren glass skin agar tidak merusak penampilan. Bukannya dilarang, namun tren kecantikan satu ini dianggap tidak cocok bagi pemilik kulit berminyak karena biasanya mereka membutuhkan make up yang matte. Agar make up tetap bisa terlihat flawless ala glass skin, kamu bisa menggunakan primer atau pelembap yang bebas minyak (oil-free moisturizer).

Jangan lupa juga untuk rutin melakukan perawatan kulit, baik itu menggunakan skin care favorit ataupun perawatan di salon dan spa. Belum tahu tempat dan jenis perawatan kulit yang cocok untukmu? Cari berbagai salon dan spa terdekat di Alamat.com! Kamu juga bisa membaca review dan melihat jenis layanan yang ditawarkan, lho!

artikel ini ditulis oleh Maria Juwita

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Editor at alamat.com blog, SEO & SEM Specialist at alamat.com.

Jakarta, Indonesia