Tips dan Strategi Makan Buffet Kenyang dan Puas

MakananBuffetTips and TrickMunchies

Tips dan Strategi Makan Buffet Kenyang dan Puas

Kamu sedang ingin makan banyak, tetapi bingung karena banyak varian menu yang ingin dilahap dalam satu waktu? Kalau begitu, buffet bisa jadi solusi terbaik buat kamu nih. Berbagai jenis buffet mulai dari dimsum, makanan western, shabu-shabu, sampai Korean dan Japanese BBQ pastinya menggugah selera.

Tapi jangan salah, ternyata makan buffet juga perlu direncanakan agar kamu bisa makan dengan kenyang dan puas. Salah-salah, impian makan buffet tersebut justru terganti dengan sakit perut dan perasaan yang tidak menyenangkan. Untuk itu, Alamat.com berikan tips dan strategi agar makan buffet puas dan kenyang, simak yuk!

Sebelum Makan Buffet

Kamu sadar atau pun tidak, ternyata strategi makan buffet ini sudah dimulai sebelum kamu berangkat ke restoran lho. Pertama, kamu bisa cek terlebih dahulu, menu dan paket apa saja yang disajikan di restoran makan buffet yang akan kamu datangi.

tentukan-menu-makanan-buffet

Tentukan paket makan buffet yang akan kamu pilih. Misalnya saja ada yang menyediakan paket hanya salad bar dan ada juga dengan daging. Ada yang daging standar dan daging premium yang lebih mahal. Jangan lupa cek juga menu apa saja yang akan kamu santap nantinya.

Berikutnya, saat akan makan buffet, banyak orang “berpuasa” dan tidak makan makanan lain sedari pagi. Pemikiran ini agaknya keliru, karena dengan tidak makan sama sekali akan membuat kapasitas perut menyempit dan justru tidak bisa menampung banyak saat kamu makan. Tetaplah makan dengan jadwalmu biasa, hanya porsinya saja yang dikurangi. Dengan begitu perutmu tidak “kaget” saat tiba-tiba diasup banyak makanan.

Mulai Makan Buffet

Sampai di restoran, kita bisa saja kalap nih kalau tidak mengatur rencana dengan baik. Mulailah makanmu dengan sup, karena akan membantu tubuhmu “pemanasan” sebelum makan lebih banyak.

Kamu bisa mulai dari makanan yang kira-kira paling “mewah” atau yang tidak bisa kamu masak sendiri di rumah. Seenak apa pun itu, usahakan mengambil porsi kecil saja ya. Lebih baik banyak makanan dengan porsi kecil-kecil, dari pada jumlah besar satu atau dua jenis makanan saja ya. Kalau nanti kamu sudah mencicip semuanya, baru deh tambah lagi apa yang kamu sukai.

mulai-buffet-dengan-makanan-paling-mahal

Bicara tentang apa yang harus kamu hindari supaya makan buffet-nya puas dan kenyang, jangan ambil terlalu banyak makanan yang mengandung karbohidrat. Misalnya nasi, kentang, pasta, dan roti. Selain itu, hindari juga terlalu banyak minum, apalagi yang bersoda karena akan membuat perutmu penuh dan kenyang lebih cepat. Pastinya kamu mau makan buffet dan kenyang dengan makanan kan, bukan minuman?

Jangan lupa, makanlah dengan perlahan saja, jangan terburu-buru sampai tersedak atau sakit perut. Memang, ada beberapa restoran buffet yang menerapkan sistem waktu. Umumnya 90 atau 100 menit, sehingga kita harus cepat-cepat selesai. Tapi, dengan kecepatan normal, dalam 90 menit itu kamu bisa makan buffet sampai puas dan kenyang kok, jadi santai saja ya.

Di pertengahan dan akhir Makan Buffet

Se-doyan apa pun kamu makan, pasti perutmu punya batasan ya. Nah, jadi tips-nya, kapan pun kamu merasa agak kenyang, boleh berhenti sejenak, atau pun berjalan-jalan mengitari restoran. Umumnya, kita bilang “menurunkan makanan” agar tidak kekenyangan. Kalau sudah, kamu bisa lanjut deh menyantap hidangan yang disajikan.

selingi-buffet-dengan-dessert-dan-makanan-manis

Nah, di tengah-tengah aktivitas menyantap makanan buffet, kamu bisa menyelinginya dengan dessert agar perutmu pun tidak mual terus-terusan makan yang asin dan gurih. Makanan manis bisa menjadi “obat” yang bisa menetralkan perutmu sebelum lanjut makan lagi. Atau dessert bisa dimakan sesuai seharusnya, yaitu di akhir santap makan buffet-mu.

Terakhir, pastikan kamu jangan buang-buang makanan ya! Tak jarang, di restoran-restoran buffet akan ada charge tambahan jika kamu tidak menghabiskan apa yang sudah kamu ambil. Biasanya mereka menghitung per 100 gram sisa makanan yang tidak kamu makan. Tidak mau kan harus membayar lebih? Karena itu ambillah sesuai kemampuanmu jangan sampai tidak habis. Kalau dirasa sudah kenyang, tahan diri untuk mengambil makanan buffet lebih banyak lagi.

Nah, itu tadi beberapa tips dan strategi yang bisa kamu terapkan pada saat makan buffet. Agar, kamu bisa makan buffet puas dan kenyang. Sebelum pergi, coba cari review dari restoran buffet yang akan kamu datangi, terlebih jika kamu baru pertama kali datang ke tempat itu.

Jangan sampai pengalaman makan buffet-mu jadi tidak menyenangkan karena makanannya kurang sedap. Kalau bingung, coba deh cek di Alamat.com, karena ada banyak restoran buffet yang bisa kamu pilih. Kalau sudah berkunjung, jangan lupa berikan review, agar kamu juga bisa mendapatkan point reward. Happy Eating, guys!

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia