3 Cara Mudah Agar Tetap Sehat dan Fit di Kantor

Health & BeautyTips and TrickLifestylePola MakanAktifitas dan Hiburan

3 Cara Mudah Agar Tetap Sehat dan Fit di Kantor

Bagi kamu pekerja kantoran, sebagian besar waktumu bisa jadi dihabiskan di depan meja kerjamu. Bekerja dengan laptop atau komputer, mengurus berbagai berkas, sampai menelepon sana-sini dari masuk sampai pulang kerja tentu melelahkan. Delapan jam kamu bekerja kamu habiskan untuk duduk di kursi menatap layar kerjamu.

pekerja-kantor-banyak-duduk

Tak jarang, ini bisa jadi sumber penyakit bagi sebagian besar pekerja kantoran. Mulai dari mata lelah, sakit punggung dan pinggang, sampai penimbunan lemak karena tidak ada kalori yang terbakar. Akibatnya bisa fatal, bahkan “memperpendek usia” karena organ-organ tubuh tidak dijaga dengan baik. Terlebih, di waktu kosongmu, kamu lebih memilih untuk istirahat dan tidur, “membalas” waktu tidur yang kurang. Lantas, bagaimana agar menjaga berat badan, tetap fit dan sehat di kantor?

Olahraga ringan

Bekerja dalam gedung perkantoran bukan berarti sama sekali mustahil bagi kamu berolahraga dan menjadi sehat di kantor. Coba keluar dari mejamu, gerakkan badan atau stretching setiap satu jam sekali bisa jadi awal yang baik, dan meredakan kelelahan tubuhmu. Misalnya saja dengan meregangkan otot leher, pundak, dan punggung. Juga, mengalihkan pandanganmu sejenak dari sinar layar yang melelahkan mata.

streching-di-kantor

Jika tiba waktunya makan siang, coba jangan hanya duduk dan berdiam di meja kerjamu saja. Coba berjalan-jalan ke luar kantor dan menghirup udara segar. Paksa tubuhmu tetap fit dengan tetap bergerak dan membakar kalori lebih banyak. Kalau kamu terbiasa menggunakan lift, coba mulai sedikit berolahraga dengan menaiki tangga.

Dianjurkan untuk berolahraga setiap hari selama 30 menit agar lebih sehat, bugar, dan panjang umur. Kamu bisa menerapkannya dengan cara naik dan turun tangga selama 10 menit, sebanyak 3 kali. Misalnya saat datang ke kantor pagi hari, jam makan siang, dan juga jam pulang kantor. Sebagai pekerja kantoran sekalipun, kamu bisa tetap fit dan menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima.

Kalau ternyata kamu benar-benar sibuk di saat jam kerja, dan tidak memungkinkan untuk berolahraga. Kamu bisa mengalihkan waktu olahraga itu di pagi hari atau pun weekend, di saat tidak ada aktivitas lainnya. Kalau kamu rutin menyempatkan waktu untuk berolahraga, dijamin tubuhmu pasti akan tetap fit.

Pantau asupan cairan

Seringkali dilupakan tapi punya manfaat yang besar, ya itulah air putih dan asupan cairan bagi tubuh kita. Memang, kadar kebutuhan asupan air harian kita berbeda-beda, tergantung pada beberapa hal seperti bobot tubuh, aktivitas harian, sampai keadaan lingkungan.

Umumnya, orang dewasa memerlukan lebih dari 2 liter cairan setiap harinya. Kalau asupan cairan kurang, tentunya kita akan lebih lemas dan bisa dehidrasi, bahkan mengacu pula kepada penyakit-penyakit berbahaya lainnya. Jadi sebagai pekerja kantoran, paling tidak di mejamu harus selalu sedia gelas atau botol berisi air minum ya, agar selalu sehat di kantor.

jangan-lupa-sediakan-air-di-meja-kantor

Hal ini juga berarti lebih baik minum banyak air putih ketimbang minuman bersoda atau pun minuman rasa-rasa dalam kemasan ya. Oh ya, asupan cairan ini tidak hanya bersumber dari air minum saja, tapi juga dari makanan yang kita konsumsi. Misalnya saja buah dan sayur yang mengandung banyak air. Itu pun akan membantu kita memenuhi kebutuhan cairan harian dan tetap sehat di kantor.

Makan yang sehat

Cara lain agar tetap sehat adalah dengan memastikan asupan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Yang pertama harus kamu perhatikan adalah sarapan dan makan siangmu. Kalau bisa, bawalah bekal masakan dari rumah, jadi kamu bisa mengatur apa yang dibutuhkan tubuhmu. Kalaupun tidak membawa bekal, belilah makanan sesehat mungkin yang bisa kamu temui di sekitar kantor, sebisa mungkin jangan sering mengkonsumsi junk food.

bawa-bekal-dari-rumah-untuk-hemat-1

Kalau sudah, berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah camilanmu selama di kantor. Kalau perlu, ubah laci mejamu jadi “warung” yang menyediakan berbagai camilan sehat tapi lezat. Misalnya saja buah kering, kacang-kacangan, rumput laut, sampai dark chocolate. Sehat di kantor bukan berarti mengkonsumsi yang tidak enak kok, hanya perlu lebih berhati-hati saja. Kalau makanan pun sudah kalian jaga, sehat di kantor pastinya bukan impian belaka ya.

Kalau masih terasa kurang, mengunjungi tempat gym, yoga, atau pilates seusai pulang kerja juga bisa jadi pilihan. Selain menghindari kemacetan dan berdesak-desakkan bersama orang banyak, berolahraga ini pastinya membuatmu lebih sehat. Masih ragu dengan berbagai pusat kebugaran di sekitarmu? Coba cek review-nya dulu di Alamat.com, agar bisa tahu fasilitas apa saja yang tersedia, dan bagaimana penilaian customer yang sudah pernah berkunjung. Jangan lupa berikan juga review kamu, agar membantu orang lain dan kamu pun bisa mendapat point reward!

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Editor at alamat.com blog, SEO & SEM Specialist at alamat.com.

Jakarta, Indonesia