Mencari Bengkel Aman Terpecaya? Kenali Tips dan Caranya Disini

JasaBengkelTips and TrickLifestyle

Mencari Bengkel Aman Terpecaya? Kenali Tips dan Caranya Disini

tips-mencari-bengkel-1

Mencari bengkel terpercaya dengan layanan yang bagus bisa dibilang gampang-gampang susah. Keberadaan bengkel memang cukup menjamur, namun masih banyak juga bengkel dengan layanan servis kendaraan seadanya atau yang mematok harga terlalu tinggi untuk perawatan kendaraan. Jika sudah begini, tentu pelanggan yang akan dirugikan. Nah, agar tidak berisiko ditipu oleh teknisi, ini tips untuk menemukan bengkel terpercaya!

1. Lakukan Riset

Tentunya kamu ingin meninggalkan mobil dan motormu di tangan orang yang bisa dipercaya, bukan? Seperti ketika sedang mencari dokter atau salon yang bagus, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu agar bisa menemukan bengkel terbaik. Cari tahu reputasi bengkel, lokasi, hingga perlengkapan yang digunakan untuk memperkirakan kualitas layanan sebuah bengkel.

riset-mencari-bengkel

Kamu sendiri juga harus tahu rata-rata biaya onderdil serta estimasi waktu servis suatu bagian agar tidak dibohongi mentah-mentah oleh teknisi. Kamu bisa lho mendapatkan informasi dari internet dan bertanya kepada teman-temanmu. Tips lainnya, pilih bengkel dengan harga menengah yang tidak terlalu mahal atau terlalu murah. Jika tergiur dengan harga murah, dikhawatirkan onderdil dan pengerjaan yang dilakukan tidak maksimal. Sebaliknya, jika terlalu mahal, maka ada kemungkinan kamu memilih bengkel yang ingin menipu konsumen!

2. Cek Kelengkapan Suku Cadang

Semakin lengkap suku cadang yang tersedia, kemungkinan semakin baik pula kualitas dari sebuah bengkel. Kamu sebagai pelanggan sebaiknya cermat dalam memilih bengkel yang lengkap. Tidak hanya stok, tanyakan juga keaslian dan kualitas dari suku cadang yang dijual di bengkel tersebut.

suku-cadang-mobil

3. Pahami Kebutuhan Kendaraanmu

Sebelum sepenuhnya mempercayakan kendaraan ke bengkel, kamu juga perlu memahami standar perawatan yang dibutuhkan oleh kendaraanmu. Hal ini bisa dilakukan dengan mempelajari manual atau dari masalah yang muncul saat berkendara, hingga mengetahui anatomi kendaraanmu sendiri. Selain itu, akan menjadi kelebihan lain jika kamu mengetahui kebutuhan kendaraanmu sendiri.

4. Minta Rekomendasi dan Pendapat

Punya teman dengan masalah yang sama atau rekan kerja dengan tipe mobil sejenis? Kamu bisa bertanya seputar perawatan dan rekomendasi bengkel yang pernah mereka coba. Rekomendasi orang lain biasanya didasarkan oleh pengalaman pribadi, sehingga cenderung lebih terpercaya. Selain meminta lokasi dan nama bengkel, tanyakan juga pendapat mereka terhadap pelayanan bengkel tersebut.

minta-rekomendasi-dari-teman

5. Perhatikan Cara Kerja Teknisi

Kamu boleh waspada apabila teknisi melarangmu untuk masuk ke area servis di bengkel. Perhatikan juga lingkungan kerja di mana kendaraanmu sedang dicek hingga sikap teknisi yang menanganinya. Beberapa hal yang bisa kamu nilai meliputi cara teknisi menjawab dan memberikan pertanyaan, serta sikap dan cara kerjanya.

6. Bandingkan Beberapa Bengkel

Akan sulit untuk menemukan pilihan terbaik apabila kamu tidak memiliki perbandingan. Karena itu, coba kunjungi beberapa bengkel untuk membandingkan diagnosa dan hasil kerja teknisi. Dengan membandingkan beberapa bengkel, kamu akan memiliki gambaran mengenai bengkel yang lebih bagus.

7. Cek Garansi dan Pilihan Layanan

Jaminan garansi layanan dari bengkel biasanya akan memberikan keamanan dan kenyamanan tersendiri bagi pelanggannya. Selain itu, pastikan juga bengkel memiliki pilihan layanan untuk jenis kendaraan yang dibutuhkan.

cek-garansi-bengkel-dan-pilihan-layanan

8. Membaca Review Online

Manfaatkan komunitas dan forum berdiskusi untuk mendapatkan rekomendasi dan ulasan online. Kelebihannya, komunitas dengan minat serta hobi otomotif tentu akan lebih paham seputar topik otomotif, dan bisa memberikan rekomendasi serta tips-tips yang perlu kamu ketahui.

Sekarang, kamu juga bisa mengandalkan Alamat.com untuk mencari dan memilih bengkel terbaik di kotamu. Bahkan selain menyediakan lokasi, Alamat.com juga memberikan kesempatan pengguna untuk mengulas hingga membagikan foto untuk membantumu menentukan pilihan. Kamu yang memiliki rekomendasi bengkel favorit juga bisa menulis review di sini untuk mendapatkan point reward. Tidak sulit kan mencari bengkel yang bisa kamu percaya?

artikel ini ditulis oleh Maria Juwita

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia