Cara Memilih Warna Yang Pas Untuk Logo Dan Brand Usahamu

Alamat SuksesBrandingLogoStrategi Pemasaran

Cara Memilih Warna Yang Pas Untuk Logo Dan Brand Usahamu

Ketika pertama kali kamu membuka UKM tentunya banyak hal yang perlu kamu lakukan seperti menciptakan produk yang dapat dipasarkan, mengelola keuangan bisnismu, menjalankan kegiatan operasional, menyusun Marketing Plan, dan membuat strategi penjualan. Namun selain itu semua, banyak pelaku usaha bisnis baru yang lupa untuk memilih warna dan bisnis UKM, padahal hal tersebut dapat menentukan identitas bisnis mereka dan persepsi konsumen terhadap bisnis tersebut.

Tentunya, memilih warna untuk branding sebuah bisnis UKM bisa menjadi sesuatu yang rumit buat kebanyakan orang. Ada begitu banyak teori, buku, dan penelitian yang membahas tentang makna dari setiap warna yang ada. Oleh karena itu, Alamat.com merangkum beberapa tips memilih warna yang tepat untuk branding bisnis UKM milikmu. Simak ya!

Pentingnya Warna Untuk Branding

Setiap warna memiliki konteks masing-masing dan dapat memicu emosi atau perasaan tertentu dalam diri seseorang. hal ini bisa mempengaruhi pengambilan keputusan, termasuk juga ketika membeli produk dan jasamu. Dalam psikologi warna, kita sebagai manusia memiliki keterkaitan dengan warna-warna tertentu, yang membuat kita mengasosiasikan sebuah warna dengan peristiwa atau perasaan tertentu. Misalnya saja hijau dengan menjaga lingkungan, merah darah dengan bahaya, dan lain sebagainya.

5-dimensi-brand-personality

sumber gambar: Help Scout

Tidak ada teori atau pun tips memilih warna yang 100% benar dan bisa diterapkan ke semua bisnis UKM. Karena persepsi dan psikologi warna merupakan hal yang personal dan tergantung ke masing-masing individu. Tetapi setiap saat, konsumen secara tidak sadar akan melihat apakah warna yang kamu itu pilih sesuai atau tidak dengan produk dan branding dari bisnis UKM milikmu.

Tren Warna Bagi Pria Dan Wanita

Ternyata pria dan wanita punya pilihan berbeda terkait warna yang mereka senangi dan tidak senangi. Memang, ada beberapa warna yang bisa melewati batas gender tersebut sehingga disukai oleh semuanya, seperti warna biru.

warna-favorit-pria-wanita

sumber gambar: Help Scout

Pria cenderung lebih senang dengan warna-warna yang tegas dan lebih memilih warna shades yang lebih gelap sebagai favorit mereka nih. Kalau perempuan, lebih senang dengan warna tint, warna dengan tambahan warna putih. Jadi, warna-warna tersebut terkesan lebih lembut dan tidak terlalu jreng.

Tapi tentu saja, lagi-lagi tidak 100% akurat karena lingkungan dan budaya tempat seseorang bisa mempengaruhi persepsi sesorang terhadap suatu warna sehingga perhatikanlah kedua hal tersebut ketika memilih warna yang akan dilihat oleh target audiensmu ketika menyusun branding bisnis UKM milikmu.

Bagaimana Memilih Skema Warna Yang Baik?

brand-color-scheme-formula

sumber gambar: 99designs

Skema warna ini berbicara tentang kumpulan warna-warna yang menjadi identitas dari bisnis UKM milikmu. Ini beberapa hal yang bisa kamu perhatikan ketika menyusun skema warna seperti:

  • Pilih 3 sampai 4 warna. Sebisa mungkin, warna-warna ini memiliki makna yang saling mendukung, dan tetap cocok secara visual.
  • Pilih warna utama. Memang, semua warna yang kamu pilih harus yang menggambarkan brand milikmu secara keseluruhan. Tapi pilihlah satu warna utama yang menggambarkan kepribadian utama dari brand milikmu yang menarik bagi konsumen.
  • Pilih warna aksen, alias warna kedua setelah warna utamamu. Bisa untuk variasi, atau pun memberikan penegasan buat warna utama milikmu. Jangan lupa, warna kedua ini harus mendukung warna utama secara makna maupun visual ya.
  • Pilih warna netral untuk background, yang berfungsi sebagai background untuk design marketing brand-mu. Hindari sesuatu yang terlalu mencolok, yang bahkan melebihi warna utamamu ya.
  • Buat keseluruhan warna "Mencolok" untuk diingat. Ini bicara tentang keseluruhan skema warna untuk branding bisnis milikmu ya, bukan sesama warna yang saling mencolok. Kalau sesama warna pilihanmu saling mencolok, justru mereka bisa “mematikan” satu sama lain.

contoh-brand-color-scheme-formula

sumber gambar: 99designs

Jadi yang harus kamu perhatikan adalah skema warna secara keseluruhan, di mana orang yang melihat bisa langsung menyadari keberadaan brand milikmu, dan bisa lebih mudah untuk diingat. Karena memang itu kan, tujuan warna untuk branding bisnis-mu?

Memilih Warna Yang Tepat Untuk Bisnismu

Untuk mengaplikasikan tips-tips tersebut, kamu harus menentukan dulu pesan yang ingin kamu sampaikan kepada konsumen. Apakah tentang kepercayaan, kreativitas, keceriaan, atau lainnya. Setelah tahu apa yang kamu mau sampaikan, coba cari warna-warna yang memiliki makna terkait dan sesuai dengan apa yang akan kamu sampaikan terkait brand UKM milikmu. Misalnya, warna kuning untuk optimisme, ungu untuk kreatif, biru untuk kepercayaan dan kekuatan, serta lain sebagainya.

panduan-emosi-warna

sumber gambar: The Logo Company

Warna pilihanmu dapat kamu aplikasikan ke semua branding bisnis dan marketing brand milikmu. Mulai dari logo, website, sampai iklan dan promosi. Kalau kamu punya toko fisik dan bukan hanya toko online, warna brand-mu juga bisa diterapkan di desain tokomu, termasuk juga untuk seragam pegawai. Dengan begitu, warna akan jadi “senjata” yang baik untuk branding bisnis. Orang-orang akan lebih mudah mengingat bisnis milikmu.

Nah, kalau sekarang kamu sudah tahu seberapa pentingnya memilih warna untuk branding bisnis, ada hal penting lain juga yang perlu kamu lakukan agar bisnismu semakin berkembang, misalnya saja memanfaatkan platform online seperti Alamat.com untuk mempermudah konsumen menemukan brand milikmu. Disini kamu bisa melengkapi informasi seputar brand milikmu dan mempromosikannya secara online.

Pendaftarannya mudah dan gratis lho, jadi tunggu apa lagi? Yuk lengkapi profilmu sekarang agar lebih banyak orang bisa menemukanmu. Selain itu, orang-orang yang sudah pernah menggunakan produk atau jasa milikmu dapat memberikan review mereka. Tentunya, review positif tentang brand milikmu juga akan menjadi sarana promosi yang baik juga nih!

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia