Tips Marketing Sukses Dengan WhatsApp Business

WhatsApp BusinessTips and TrickAlamat SuksesDigital Marketing

Tips Marketing Sukses Dengan WhatsApp Business

Bicara soal media sosial, kamu tentu langsung teringat pada media sosial yang sering kamu gunakan seperti Instagram, Facebook, maupun Twitter. Tapi sebenarnya, kalau yang dibahas seputar membangun jaringan sosial dari sisi pengguna, WhatsApp jadi pemimpinnya lho karena ada lebih dari 1 miliar pengguna aktif WhatsApp setiap bulannya di seluruh dunia.

whatsapp-statistik

sumber gambar: LeadSquared

Buat kamu yang punya bisnis dan ingin memaksimalkan usaha marketing bisnismu, tentunya hal ini tidak bisa diabaikan. Setiap media sosial memiliki karakter dan pengguna yang berbeda-beda, tentunya marketing di WhatsApp perlu trik khusus nih. Terlebih, sekarang ada juga WhatsApp Business yang bisa lebih menunjang bisnis milikmu. Jangan bingung, yuk simak pembahasan dari alamat.com berikut!

Apa itu WhatsApp Business?

WhatsApp Business adalah sebuah aplikasi bagi pemilik bisnis UKM untuk bisa berinteraksi dengan pelanggan dengan lebih mudah karena pada WhatsApp Business terdapat beberapa fitur bagi pemilik bisnis seperti automatic reply, label, dan quick reply.

profil-whatsapp-business-1

sumber gambar: WhatsApp

Dengan WhatsApp Business, kamu bisa membuat profil bisnismu seperti alamat, deskripsi, e-mail, jam operasional, sampai website.

whatsapp-business-label

sumber gambar: WhatsApp

Chat yang masuk dari pelanggan dapat kamu berikan label sehingga kamu tidak perlu susah-susah mencari pelanggan tertentu. Contoh kategori pada pelanggan seperti new customer, loyal customers, pending payment, dan payment completed. Tentu saja ini perlu disesuaikan dengan strategi marketing bisnismu.

whatsapp-business-balas-cepat

sumber gambar: WhatsApp

Selain itu, ada juga fitur quick reply, jadi template balasan yang sering kamu gunakan akan langsung muncul sebagai opsi ketika kamu mau membalas chat pelanggan dengan cepat.

whatsapp-business-balas-otomatis

sumber gambar: WhatsApp

Dan fitur automatic reply sehingga ketika pelanggan mengirimkan chat dan kamu sedang tidak bisa membalas akan ada pesan otomatis yang langsung membalas pesannya. Pelanggan pun akan tahu kalau kamu sedang tidak bisa membalas dan lebih senang pula karena mendapatkan respon.

Terakhir, dengan WhatsApp Business ini kamu juga bisa melihat statistik pesan yang kamu kirimkan seperti jumlah pesan yang terkirim, sampai, dan dibaca oleh pelanggan sehingga kamu bisa mengukur seberapa efektif penggunaan WhatsApp Business di bisnismu. Satu aplikasi, lengkap untuk semua kebutuhan marketing bisnis milikmu dan berinteraksi dengan pelanggan.

Apa bedanya dengan WhatsApp biasa?

Selain berbagai fitur yang mempermudah kalian sebagai pemilik bisnis, ada pula beberapa perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp biasa. WhatsApp Business memiliki logo berbeda dengan aplikasi WhatsApp biasa. Kalau biasa logonya berupa bubble chat dengan gambar telepon, WhatsApp Business logonya berupa bubble chat dengan huruf “B” di dalamnya.

Selain itu, pendaftaran WhatsApp Business bisa pula dengan menggunakan telepon rumah lho. Berbeda dengan WhatsApp biasa yang wajib menggunakan nomor ponsel ya. WhatsApp Business ini juga bisa memberikan verifikasi yang menandakan keaslian dari bisnismu. Pelanggan pun bisa lebih tenang karena melihat bisnismu yang lebih resmi dan memiliki reputasi baik.

Bagaimana cara menggunakan WhatsApp Business?

menggunakan-whatsapp

sumber gambar: Pixabay

Nah, WhatsApp Business ini merupakan aplikasi berbeda dari WhatsApp yang biasa kamu gunakan. Jadi untuk menggunakannya, kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu di Play Store atau App Store. Setelah itu, kamu harus melakukan registrasi dengan memasukkan kode negara dan nomor telepon milikmu, lalu akan ada SMS atau telepon berisi kode registrasi yang harus kamu masukkan di WhatsApp Business.

Setelah berhasil registrasi, kamu bisa mulai melengkapi profil WhatsApp Business yang akan kamu gunakan sebagai salah satu cara marketing bisnismu ya. Setelahnya, kamu sudah bisa menggunakan WhatsApp Business ini untuk marketing bisnismu ya.

Bagaimana strategi marketing untuk penggunaan WhatsApp Business?

WhatsApp Business bisa jadi senjata marketing buatmu, karena penggunanya sekarang ini begitu banyak. Ada lebih dari 60 miliar pesan yang dikirimkan melalui WhatsApp setiap harinya. Pelanggan pun akan senang jika mereka bisa mengontak langsung bisnis yang mereka inginkan dengan cepat. Perlu diingat, pesan broadcast hanya bisa dikirimkan ke 256 kontak WhatsApp Business-mu ya, jadi memang aplikasi ini lebih cocok digunakan untuk UKM (Usaha Kecil Menengah).

Dengan segala fitur canggih yang ada di WhatsApp Business, ingatlah untuk selalu memaksimalkan semuanya untuk kegiatan Marketing bisnismu. Ada beberapa strategi marketing yang bisa kamu lakukan dengan WhatsApp Business milikmu:

1. Buat Campaign Personal

Gunakan kalimat-kalimat yang tertuju langsung ke satu orang, atau pun mengirim video terkait bisnismu, tapi berupa hal yang spesifik ke satu pelanggan. Memang terdengar berat dan melelahkan tapi ini akan membuat pelanggan lebih senang dan kamu bisa membangun koneksi dengan pelanggan tersebut. Misalnya pelanggan yang memiliki pertanyaan yang bersifat personal bisa mereka tanyakan lewat WhatsApp tanpa takut pertanyaan tersebut diketahui orang lain.

2. Berikan Insentif

Tentu tidak semua orang akan dengan senang hati memberikan nomor kontak pribadi mereka kepadamu. Bisa karena takut nomornya disalahgunakan atau mendapat spam di kontak mereka. Karenanya, kamu harus memberikan sesuatu yang berguna bagi mereka. Misalnya saja mereka memiliki kontak bisnismu akan mendapatkan penawaran spesial ketimbang orang-orang lain yang tidak memiliki kontak bisnismu.

3. Customer Service

bahkan lebih dari itu. WhatsApp Business menjadi sebuah aplikasi yang positif, di mana pelanggan bisa langsung berinteraksi 1-on-1 dan menyampaikan pendapat maupun keluh kesah mereka. Dengan adanya WhatsApp Business ini, jarak antara pelanggan dan kamu hanya sebatas beberapa klik di layar mereka, dan mereka pun bisa melihat bahwa kamu available saat mereka mengontak.

Kalau dengan WhatsApp Business kamu bisa berinteraksi secara personal dengan pelanggan, nah kamu juga bisa menggunakan Alamat.com untuk menjangkau jutaan pelanggan. Di sini, kamu bisa daftar dan membuat profil bisnismu secara online, serta membuat promo menarik yang akan mendatangkan pelanggan ke bisnismu. Ditambah dengan review dari pengguna produk atau jasamu, strategi marketing untuk mengembangkan bisnismu pun dijamin semakin lancar.

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia http://about.me/geraldytony