Manfaat Voucher Belanja Demi Keberlangsungan Bisnismu

BisnisAlamat SuksesInfo BisnisVoucher BelanjaDigital Marketing

Manfaat Voucher Belanja Demi Keberlangsungan Bisnismu

Siapa yang tidak senang ketika mendapatkan promo voucher belanja? Tengok saja berbagai situs jual beli hingga transportasi online yang masih suka membagikan voucher seperti kode diskon. Terkadang meskipun jumlahnya terlihat tidak seberapa, voucher masih bisa digunakan sebagai strategi promosi untuk menarik konsumen.

manfaat-voucher-belanja-tingkatkan-penjualan-1

Efek voucher pada bisnis pun sudah banyak terbukti melalui penelitian. Setiap konsumen menghabiskan rata-rata 2 jam untuk mencari promosi secara online. Selain itu, 91% pengguna voucher mengatakan bahwa mereka akan melakukan transaksi kembali di toko yang sama setelah mendapatkan voucher.

Empat Manfaat Voucher untuk Promosi

Dilihat dari sudut pandang marketing, voucher atau kupon diskon ini masih dinilai menguntungkan bisnis. Berikut empat kelebihan dan kegunaan voucher untuk promosi bisnis!

  • Meningkatkan penjualan
    Sebagai salah satu bentuk promosi, voucher efektif untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan suatu bisnis. Voucher diskon bisa menarik pembeli untuk berbelanja, dan di sisi lain, penjualan akan meningkat karena semakin banyak pembeli yang berdatangan.

  • Menarik pembeli dari kompetitor
    Produkmu bisa jadi bukanlah satu-satunya produk yang ada di pasar. Ada kemungkinan besar sebuah bisnis memiliki kompetitor dengan produk serupa. Di sinilah voucher bisa sangat berguna untuk bisnismu. Faktanya, voucher cukup ampuh untuk mengubah pola belanja konsumen. Dengan mendapatkan voucher, konsumen akan lebih tertarik untuk belanja di tempatmu ketimbang di kompetitor agar mereka mendapatkan untung dan promosi lebih.

  • Menarik pembeli lama yang sudah tidak aktif berbelanja
    Voucher belanja yang ditujukan buat pembeli yang sudah tidak berbelanja di tempatmu bisa menarik mereka kembali. Cara ini bisa dicoba jika kamu merasa sudah banyak pelangganmu yang menghilang.

  • Mudah diukur
    Para pemilik bisnis tak perlu lagi merasa disulitkan dalam menghitung performa promosi voucher. Hitung saja berapa jumlah voucher yang dikeluarkan dan terpakai untuk mengukur efektivitas promosi. Perhatikan juga feedback dari konsumen untuk merencanakan voucher promosi selanjutnya.

Jenis Promosi dengan Voucher untuk Promosi Bisnis

  • Persentase diskon
    Salah satu bentuk promo voucher yang sering ditemui yaitu voucher berupa persentase potongan diskon, misalnya 10%, 20%, ataupun 25%. Voucher ini berlaku untuk memberikan potongan harga sebesar persentase yang tertera, dan seringnya disertai dengan nominal pembelian minimum.
    Tips: Berikan persentase diskon lebih besar, misalnya hingga 50%, untuk produk yang kurang laris.

  • Nominal diskon
    Alternatif lain adalah dengan memberikan potongan berupa nominal langsung, misalnya voucher potongan Rp20.000. Voucher seperti ini biasanya membuat pembeli merasa memegang uang dan merasa sia-sia jika tidak dibelanjakan. Meskipun tujuannya untuk memberikan potongan harga, namun entrepreneur.com melaporkan bahwa voucher dengan nominal bisa memberikan 170% keuntungan lebih besar dari voucher berupa diskon, lho!
    Tips: Gabungkan promo voucher dengan batas minimum pembelian untuk meningkatkan keuntungan.

  • Voucher bonus
    Banyak produk yang belum terjual? Atasi dengan memberikan voucher promo bonus, seperti "Beli 1 Gratis 1" misalnya. Trik ini ampuh untuk menghabiskan produk yang kurang laris agar kamu bisa segera menyediakan stok untuk produk baru.

  • Gratis ongkos kirim
    Ongkos kirim bisa menjadi beban tersendiri bagi pembeli yang bertransaksi di platform online. Tak jarang, pembeli batal melakukan transaksi karena ongkos kirim yang dinilai terlalu mahal. Hal ini bisa diatasi dengan memberikan voucher gratis ongkos kirim. Voucher ini biasa berupa subsidi potongan ongkos kirim yang akan ditanggung oleh penjual, sehingga pembeli tidak perlu membayar ongkos kirim.
    Tips: Berikan batasan subsidi ongkos kirim yang diberikan. Batasan ini bisa berupa nominal, misalnya sampai dengan Rp20.000; atau area jangkauan, misalnya gratis ongkos kirim untuk area Jabodetabek.

Cara Cerdik Membuat Promo Voucher

Tidak hanya sampai menentukan jenis voucher, perencanaan media promosi dengan cara ini juga perlu dipertimbangkan oleh pemilik bisnis. Voucher bisa memberikan keuntungan besar bagi bisnis jika dilakukan dengan cara yang tepat! Berikut adalah beberapa cara memberikan promo voucher yang bisa dicoba:

  • Partnership dengan Influencer
    Salah satu bentuk kerjasama dengan influencer adalah dengan menggunakan sistem referral. Sebuah bisnis bisa memberikan kode voucher khusus yang akan disebarkan oleh para influencer. Nantinya, siapa pun yang menggunakan voucher dari influencer tersebut bisa mendapatkan diskon spesial. Kerjasama seperti ini biasanya juga disertai dengan insentif khusus untuk para influencer.

  • Voucher dalam setiap pembelian
    Cara ini bisa diterapkan untuk membuat pelanggan melakukan transaksi kembali di kemudian hari. Berikan voucher diskon yang bisa digunakan selanjutnya dalam setiap transaksi dengan jumlah minimum pembelian tertentu. Jangan lupa juga sertai syarat dan ketentuan yang jelas agar bisnismu bisa mendapatkan keuntungan lebih dari cara ini.

  • Voucher musiman
    Meriahkan perayaan khusus atau hari besar dengan promosi voucher. Cara ini cocok untuk dicoba ketika ada produk musiman yang bisa disesuaikan dengan promo. Misalnya, menyambut Hari Kemerdekaan tokomu memberikan voucher diskon yang bisa digunakan untuk setiap pembelian koleksi produk lokal.

  • Voucher peringatan (milestone)
    Cara satu ini bisa digabungkan dengan program loyalty ataupun dilakukan sendiri. Misalnya, dengan memberikan voucher ulang tahun kepada pelanggan atau voucher diskon saat pelanggan sudah berbelanja selama 10 kali.

  • Voucher eksklusif untuk subscriber atau follower baru
    Untuk meningkatkan followers di media sosial atau subscribers di toko online, terkadang harus ada insentif yang diberikan. Nah, voucher bisa menjadi salah satunya nih! Berikan voucher untuk setiap orang yang sudah berlangganan newsletter atau mem-follow media sosial. Penjualan bertambah, audiens di media online juga bertambah!

Ternyata ada banyak sekali kan, berbagai jenis dan manfaat dari voucher belanja. Apa kamu termasuk salah satu orang yang gemar menggunakan voucher belanja? Atau pemilik bisnis yang sedang merencanakan promosi dengan cara ini? Tahukah kamu kalau sekarang kamu bisa buat voucher belanja dengan mudah dan murah? Cukup sign-up di Alamat.com, klaim bisnis yang kamu miliki, dan buat voucher-nya sekarang juga!

artikel ini ditulis oleh Maria Juwita.

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia