Laser Skin Rejuvenation, Perawatan Laser untuk Kulit Muda yang Sehat

Health & BeautyLaser Skin RejuvenationLaser Kulit

Laser Skin Rejuvenation, Perawatan Laser untuk Kulit Muda yang Sehat

Sinar matahari, stres, hingga paparan debu bisa menimbulkan banyak masalah kulit. Beberapa di antaranya yaitu jerawat, garis halus, hingga noda hitam. Karena itu, tak heran apabila memiliki kulit cerah atau kulit muda yang kenyal merupakan impian banyak wanita, terutama mereka yang memiliki beragam masalah kulit.

Untuk mendapatkan kulit cerah dan kulit muda, sudah ada banyak jenis perawatan kulit yang ditawarkan oleh dermatolog, salah satunya yang populer yaitu laser skin rejuvenation.

Apa Itu Laser Skin Rejuvenation?

Perawatan kulit dengan laser merupakan tindakan yang cukup umum. Ada 2 jenis laser yang bisa dicoba untuk kebutuhan berbeda, yaitu laser ablatif dan laser non-ablatif.

laser-skin-rejuvenation

Laser ablatif biasanya mengandung karbon dioksida (CO2) atau erbium dan berguna untuk mengatasi kutil dan bekas jerawat, serta garis halus atau kerutan. Laser ablatif pasalnya berguna untuk mengangkat lapisan kulit untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang bisa menjadikan permukaan kulit lebih kencang dan awet muda.

Sebaliknya, laser non-ablatif justru tidak mengangkat lapisan sel kulit, melainkan masuk ke dalam lapisan kulit untuk mengatasi rosacea, spider veins, dan masalah kulit lain terkait jerawat (bekas bopeng misalnya).

Siapa Saja yang Cocok untuk Treatment Laser Skin Rejuvenation?

Treatment ini cocok dicoba oleh kamu yang memiliki garis halus dan keriput di sekitar mata, bibir, atau dahi; atau bekas luka jerawat. Namun laser skin rejuvenation kurang cocok untuk kamu yang ingin menangani jerawat aktif atau selulit. Apa pun kondisi kulitmu, selalu pastikan untuk melakukan konsultasi dengan dermatolog terlebih dahulu untuk menemukan solusi terbaik, ya!

Apa Saja Risiko dari Laser Skin Rejuvenation?

Semua tindakan pasti memiliki risiko tak terkecuali laser skin rejuvenation. Kulit biasanya membutuhkan antara 3 hari sampai 3 minggu untuk pulih setelah laser skin rejuvenation, tergantung kondisi kulit apa yang ingin ditangani.

Beberapa kemungkinan efek samping atau risiko yang bisa muncul apabila treatment tidak dilakukan dengan benar:

  • Rasa terbakar pada kulit akibat panas dari laser
  • Kulit kemerahan
  • Pembengkakan
  • Infeksi bakteri
  • Hiperpigmentasi atau timbul bekas luka

Apa yang Perlu Diketahui Seputar Prosedur Laser Skin Rejuvenation?

Sebelum memutuskan untuk mencoba, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu untuk menilai apakah prosedur ini cocok untukmu agar kamu terhindar dari risiko yang dapat terjadi diatas. Dalam memilih dokter, usahakan untuk mencari dokter yang sudah berpengalaman dengan laser skin rejuvenation atau tempat yang memiliki reputasi bagus untuk treatment ini.

Penting juga untuk menjelaskan kondisimu kepada dokter apabila kamu memiliki luka atau cold sore di kulitmu. Ada kemungkinan dokter akan menyarankanmu untuk menghindari obat aspirin, ibuprofen, atau vitamin E sebelum tindakan berlangsung untuk mencegah penyumbatan.

Treatment ini tidak mengharuskanmu untuk menjalani rawat inap, alias merupakan prosedur outpatient. Beberapa bagian wajah yang ditangani secara terpisah membutuhkan sekitar 30 hingga 45 menit, sedangkan tindakan untuk seluruh wajah bisa memakan hingga 2 jam.

Setelahnya, kamu akan diharuskan menggunakan krim untuk menjaga area yang baru saja dilaser. Pembengkakan atau kemerahan yang muncul setelah prosedur pun merupakan hal normal. Antara 12 hingga 72 jam setelah tindakan, kulit mungkin akan terasa gatal atau menyengat, dan 5 hingga 7 hari kemudian kulit mungkin akan mengalami pengelupasan.

Selain itu, kamu perlu menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Sebaiknya gunakan sunscreen dengan minimal 30 SPF serta 7% kandungan zinc oxide. Usahakan untuk tidak terlalu sering terpapar matahari, terutama saat jam 10 pagi hingga 2 siang.

Konsultasikan kepada dokter mengenai kapan kamu bisa kembali menggunakan rangkaian skin care yang biasa kamu gunakan, terutama jika kamu menggunakan retin A atau glycolic acid. Ingat juga untuk selalu menjaga kelembapan kulitmu.

Tertarik Mencoba Laser Skin Rejuvenation?

Jika kamu tertarik dengan perawatan ini untuk mendapatkan kulit muda yang cerah, kamu bisa mengunjungi Dermis Skin Specialist yang berlokasi di Kemang untuk berkonsultasi dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Selain itu, ada juga voucher potongan Rp250.000 untuk berbagai treatment, termasuk laser skin rejuvenation, di Dermis Skin Specialist. Tunggu apa lagi? Sign up di alamat.com sekarang dan klaim voucher-nya, gratis!

artikel ini ditulis oleh Maria Juwita

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Editor at alamat.com blog, SEO & SEM Specialist at alamat.com.

Jakarta, Indonesia