Langkah Mudah Membuka Salon Kecantikan Dengan Modal Kecil

BisnisInfo BisnisBisnis SalonBudgetingAlamat Sukses

Langkah Mudah Membuka Salon Kecantikan Dengan Modal Kecil

Semua perempuan tentunya ingin tampil cantik dan menarik. Usaha tampil cantik bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa eksplorasi dan “melukis” wajah sendiri di rumah atau kalau mau praktis, tinggal datang ke salon atau pun menggunakan jasa MUA (Make Up Artist), ya kan?

Semua-perempuan-tentunya-ingin-tampil-cantik-dan-menarik

Melihat hal ini, kamu yang senang ber-wirausaha pasti terpikirkan ide bisnis, membuka UKM berupa jasa salon kecantikan. Dunia bisnis ini bisa kamu pertimbangkan, asal kamu tahu apa saja yang kamu sediakan, dan siapa target market-mu. Ini bisa jadi peluang usaha yang baik sebagai contoh usaha rumahan untukmu, karena kalau jeli, modal yang dikeluarkan pun tidak seberapa “wah”.

Berapa Besar Budget Untuk Wirausaha UKM Salon kecantikan Ini?

Sebelum memasuki dunia bisnis salon kecantikan ini, tentunya kita harus melihat ya, apa saja biaya yang diperlukan untuk semua kebutuhannya. Yuk simak!

Tempat

Apabila memungkinkan, kamu bisa mulai dari tempat tinggalmu sendiri jika kapasitasnya memadai. Dengan begitu, biaya sewa tempat pun bisa kamu pangkas.

Peralatan Salon

Karena kamu ingin memasuki dunia bisnis salon kecantikan, tentu kamu harus menyediakan berbagai peralatan salon. Misalnya saja, tempat mencuci rambut, alat potong rambut serta mencukur, catokan, hair dryer, peralatan manicure dan pedicure, handuk, cat rambut, dan lain sebagainya. poin kedua dari ide bisnis salon kecantikan ini kira kira akan menelan biaya sekitar 14 juta rupiah.

Gaji Karyawan

Kamu bisa mempekerjakan 1-3 karyawan untuk berbagi tugas dan keahlian, serta melayani tamu yang menunggu sembari kamu melayani yang sudah datang terlebih dahulu. Untuk gaji awal misalnya, kamu bisa memberikan 2 juta rupiah untuk masing-masing karyawan.

Air dan Listrik Per Bulan

Jangan lupa, air dan listrik juga menjadi “nyawamu” pada saat ber-wirausaha salon kecantikan. Berbagai perawatan di salon tentunya membutuhkan keduanya, karena itu tidak boleh sampai nihil. Untuk besarannya kira kira, kita bisa masukkan 3 juta rupiah untuk air dan listrik dalam satu bulan.

Biaya Promosi

Biaya promosi ini sebenarnya tergantung kepada promosi apa yang kalian ingin jalankan untuk wirausaha ini. Baiknya, manfaatkan era digital yang ada sekarang, seperti menggunakan media sosial dan website.

promosi-salon-kecantikan-dengan-sosial-media

Di samping itu, kamu bisa mencetak X-Banner atau pun spanduk di rumahmu, agar bisa dikenal masyarakat sekitar. Bisa juga mencetak brosur daftar harga maupun promosi, yang bisa kamu bagikan kepada pelangganmu. Untuk biaya kasarnya, kita masukkan 1 juta rupiah.

Biaya Tak Terduga

Kalau ditotal, kebutuhan awal untuk menjalankan ide bisnis UKM salon kecantikan, kamu memerlukan biaya lebih kurang 24 juta rupiah. Biaya tak terduga kita anggap 5% dari total keseluruhan, jadi 1,2 juta rupiah. Sehingga total modal awalmu kurang lebih sebesar 25,2 juta rupiah ya.

Biaya Tambahan Jika Ide Bisnis Salon Kecantikanmu Ini Berkembang

Nah, kalau usahamu sudah berkembang dan kamu memutuskan untuk ekspansi bisnis, kamu harus mengantongi izin usaha ya. Untuk perizinan UKM, kamu bisa siapkan dana sekitar 7-8 juta rupiah. Selain itu, kalau kamu mau pindah tempat ke ruko, biasa biaya sewanya dihitung per tahun.

siapkan-biaya-lebih-apabila-ingin-ekspansi-bisnis

Anggap biaya sewa per tahunnya 12 juta, sehingga per bulan kamu harus mengeluarkan 1 juta rupiah untuk sewa tempatnya ya. Kalau kamu ingin tetap berhemat, kamu bisa menyediakan jasa salon keliling, jadi kamu akan datang ke tempat pelanggan yang membutuhkan, biaya sewa tempat pun bisa tetap nihil, bukan?

Tipe Salon Seperti Apa yang Harus Dibuka?

Sebelum mengetahui tipe salonnya, kamu harus tahu dulu, siapa target market yang kamu incar untuk peluang usaha ini. Kalau kamu menyasar kepada kelas menengah ke atas, atau pekerja kantoran yang sibuk, mereka mengharapkan “one-stop solution”, jadi semua kebutuhan ada di satu tempat.

variasikan-layanan-salon-kecantikan

Mereka berharap, dalam satu tempat ada banyak pelayanan, mulai dari gunting dan menata rambut, rias wajah, sampai spa atau pun tempat penyewaan baju sehingga kamu membutuhkan strategi pemasaran berbeda dan beban operasionalnya pun lebih besar karena banyaknya layanan yang kamu tawarkan. Kalau target market-mu menengah ke bawah, mereka mengharapkan harga seterjangkau mungkin, tentunya dengan pelayanan yang tetap baik dan jumlah layanan yang tidak terlalu “wah” ketimbang target market sebelumnya. Karena itu, kamu harus tahu dulu siapa tujuanmu, baru susun strategi “menyampaikan pesan” bagi mereka.

Kesempatan dan Peluang usaha Besar Asal Jeli Melihatnya

Sebenarnya, kalau bicara mengenai salon kecantikan, jumlahnya pasti ribuan di Indonesia. Mulai dari sekadar salon kecantikan rumahan, sampai salon kecantikan mewah yang ada di pusat kota. Karena itu, kamu harus pintar melihat peluang usaha ini, dan menentukan target market mana yang masih kamu bisa jangkau di suatu lokasi tertentu. Kalau sudah tahu, tunjukkan kualitas dan konsistensi pelayanan terbaikmu. Kalau bisa, tentukan unique selling point atau kelebihan unik dari salon kecantikanmu agar kamu bisa terlihat berbeda dan lebih menonjol dibandingkan salon-salon kecantikan lain pada umumnya sehingga orang-orang menjadi penasaran dan lebih tertarik untuk datang.

Agar kamu tahu apa komentar pelanggan yang sudah menggunakan jasamu, ajak mereka memberikan ulasan di Alamat.com yuk. Cukup upload foto dan berikan ulasan, pelangganmu pun akan mendapatkan reward points, asik kan!

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia http://about.me/geraldytony