10 Alasan Kenapa Kamu Harus Banget Cobain Karaoke Ketika Nongkrong

KaraokeAktifitas dan HiburanLifestyle

10 Alasan Kenapa Kamu Harus Banget Cobain Karaoke Ketika Nongkrong

Ada banyak aktifitas seru yang bisa dilakukan saat nongkrong bersama sahabat, mulai dari menonton film terbaru, mencoba berbagai kuliner nikmat, hingga melampiaskan energi dengan bernyanyi di karaoke. Di antara semua aktifitas seru tersebut, ada satu yang ternyata baik untuk kesehatan yaitu karaoke.

aktifitas menyenangkan satu ini bisa dilakukan oleh siapa pun, dan terutama cocok dipilih untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman terdekat. Ini dia berbagai alasan kenapa karaoke bisa menjadi pilihan utama untuk nongkrong seru bersama teman-temanmu.

1. Menambah Keakraban

karaoke-menambah-keakraban
Biasanya, saat karaoke orang akan berani menunjukkan sisi lain diri mereka. Tidak ada waktu untuk berpura-pura, semua pasti akan saling merangkul saat ada lagu yang mengharukan atau melompat sambil berjoget dengan lagu yang seru.

2. Bisa Merasakan Jadi Penyanyi

karaoke-2
Tidak semua orang memiliki kesempatan menjadi penyanyi atau artis terkenal. Nah, di tempat karaoke, kamu bisa berpura-pura dan merasakan serunya menjadi penyanyi yang sedang menggelar konser. Ditambah dengan teman-teman yang seru, kamu bisa deh menciptakan band-mu sendiri!

3. Bebas Memilih Lagu

bebas-memilih-lagu-di-karaoke
Saat karaoke, masing-masing dari kalian bisa bebas memilih lagu favorit yang ingin dinyanyikan. Tanpa perlu galau menunggu lagu yang tak kunjung muncul di radio, di tempat karaoke kamu bebas memilih genre hingga lagu dari artis favorit. Menyanyikan lagu pop hingga rock? Siapa takut!

4. Bernyanyi Sesuka Hati

bebas-bernyanyi-di-karaoke
Jangan khawatir apabila suaramu tak seindah sang idola, karena tidak akan ada yang mengkritik atau menggurui teknik bernyanyi-mu. Karaoke bukanlah ajang pemilihan bakat yang harus dilakukan dengan latihan. Tidak apa sedikit sumbang, yang penting semua senang!

5. Meredakan Penat

hilangkan-penat-dengan-karaoke
Saat kamu memegang mic, rasanya semua beban pikiran dan rasa penat akan hilang. Sebagai gantinya, kamu pun akan merasa lebih baik dengan mood yang meningkat dan perasaan yang lebih bahagia.

Selain Seru, Karaoke Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan!

Selain populer karena keseruannya, karaoke ternyata juga memiliki banyak manfaat kesehatan, lho! Ibarat sambil menyelam minum air, kamu bisa nongkrong seru sambil mendapatkan manfaat yang baik untuk tubuh. Ini dia berbagai dampak positif karaoke pada tubuh, baik secara fisik maupun emosional.

1. Menstimulasi Otak

karaoke-menstimulasi-otak
Saat bernyanyi, kamu akan berpikir untuk membaca lirik, menentukan nada, hingga mengikuti ritme lagu. Dengan begini, aktifitas saraf pada otak akan meningkat dan terstimulasi untuk bekerja.

2. Melatih Rasa Percaya Diri

karaoke-melatih-percaya-diri
Masih banyak orang merasa tidak percaya diri saat harus berdiri di depan dan menjadi pusat perhatian. Hal ini ternyata bisa dilatih dengan kegiatan seru seperti karaoke, lho! Menyanyi di depan teman-temanmu sedikit banyak bisa membantu melatih rasa percaya diri dan membuang jauh-jauh rasa malu. Hasilnya, kamu bisa memiliki self-esteem yang lebih tinggi!

3. Meningkatkan Sistem Imun

karaoke-meningkatkan-sistem-imun
Menyanyi bisa dianggap sebagai olahraga yang melatih paru-paru. Dengan bernyanyi, seseorang bisa memiliki diafragma yang lebih kuat dan menstimulasi sirkulasi oksigen. Studi yang dilakukan oleh University of Frankfurt menemukan bahwa anggota koor memiliki antibodi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak bernyanyi.

4. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Mood

kurangi-stress-dengan-karaoke
Bernyanyi, terlebih ketika dilakukan bersama-sama, terbukti bisa meningkatkan mood dan kondisi mental. Penelitian yang dilakukan melalui proyek The Sing Your Heart Out (SYHO) di United Kingdom menemukan bahwa bernyanyi bersama dengan orang lain bisa membuat kita merasa terhubung dengan orang lain dan merasakan pengalaman positif dan merasa gembira.

5. Mengekspresikan Emosi dan Perasaan

tingkatkan-emosi-dan-perasaan-dengan-karaoke
Lagu yang dipilih saat karaoke bisa menjadi sarana untuk menyalurkan perasaan, atau menjadi lagu yang memiliki hubungan emosional denganmu. Hal ini merupakan sesuatu yang positif, karena perasaan apapun yang dirasakan, baik itu sedih atau marah, sebaiknya dikeluarkan agar tidak menjadi sumber stres pada tubuh. Selain itu, menyanyi juga bisa menjadi salah satu cara berkomunikasi dengan orang lain. Kamu juga bisa lho menyanyikan lagu romantis untuk gebetan saat karaoke!

Ternyata ada banyak sekali manfaat serta keseruan yang bisa didapat dari karaoke. Buat kamu yang belum memiliki rencana untuk mengisi aktifitas di akhir pekan, yuk cek Alamat.com untuk menemukan tempat karaoke terbaik dan ajak teman-temanmu untuk bernyanyi bersama! Jangan lupa juga tulis ulasan dan unggah foto keseruanmu untuk mendapatkan point reward. Sudah siap nongkrong seru di malam Minggu?

artikel ini ditulis oleh Maria Juwita

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia