Ini Yang Perlu Kamu Ketahui Ketika Menyusun Budget Pernikahan

WeddingBudgetingRencana PernikahanLifestyle

Ini Yang Perlu Kamu Ketahui Ketika Menyusun Budget Pernikahan

Wedding menjadi salah satu hal yang diidam-idamkan setiap pasangan, bukankah begitu? Secara tidak langsung, jauh-jauh hari pun setiap pasangan sudah memiliki pernikahan impian versi mereka. Entah itu di dalam gedung mewah, outdoor, di luar kota, atau bahkan luar negeri. Baik itu pernikahan sederhana yang hanya mengundang keluarga dan teman dekat, maupun nikah yang mengundang ratusan sampai ribuan orang.

checklist-2077020_1280-min

Persiapan pernikahan tentunya perlu dilakukan jauh-jauh hari, tentunya dengan budget pernikahan yang disusun sedemikian rupa. Jangan sampai, biaya nikah yang sudah dialokasikan, ternyata membengkak sampai dua atau tiga kali lipat.

Bagaimana Cara Menghitung Budget Pernikahan?

Kamu tentunya harus tahu dan mendata apa saja yang kamu perlukan pada saat wedding nanti. Hal mendasar tentunya tempat, makanan, serta pakaian dan tata rias terutama bagi pengantin wanita. Selebihnya, tentunya akan menjadi pelengkap, sekaligus akan menaikkan budget pernikahan yang sudah kamu susun. Misalnya, undangan, dekorasi, sampai foto pre-wedding dan selama acara nikah berlangsung. Banyak yang berpendapat, nikah di zaman sekarang perlu biaya nikah yang sangat besar, terlebih kalau memikirkan gengsi yang ada. Karena itu, berikut gambaran buat kamu menghitung biaya pernikahan-mu ya.

  1. Pakaian & Cincin
    Untuk sewa, atau membeli gaun nikah yang terjangkau, paling mahal sekitar 3 - 4 juta rupiah. Jangan lupa juga jas untuk pengantin pria, sekitar 500 ribu - 1 juta rupiah. Oh ya, cincin nikah juga tidak boleh terlewatkan, budgetnya bisa 1-1,5 juta rupiah.

  2. Kecantikan (aksesoris, make-up, perawatan)
    Tentu setiap pengantin ingin terlihat sempurna di hari bahagia mereka. Perawatan, make-up, serta aksesoris tentu perlu menjadi bahan pertimbangan biaya nikah ya. Untuk perawatan wajah, kuku, make-up, dan perhiasan bisa dimasukkan budget 2 juta rupiah.

  3. Kue nikah
    Kue nikah sebenarnya hanya pemanis dan pelengkap dari hari bahagia yang kamu langsungkan. Tapi, bisa dimasukkan menjadi bagian dari persiapan pernikahan-mu.Kisaran harganya berada di antara 500 ribu - 1 juta rupiah ya.

  4. Makanan dan minuman
    Disadari atau pun tidak, makanan memegang peranan sangat penting dalam acara nikah-mu. Catering yang kurang enak, atau pun tidak mencukupi kebutuhan tamu undangan yang datang, akan menjadi pembicaraan yang kurang enak didengar. Karena itu ini perlu menjadi checklist dalam persiapan pernikahanmu. Anggap saja per piring harganya adalah 40 ribu rupiah, dan ada 1000 tamu yang datang (ada 500 undangan yang disebar). Berarti budget makanan pada saat nikah nanti adalah 40 juta rupiah.

  5. Souvenir nikah
    Tak lengkap rasanya jika tamu pulang tanpa membawa souvenir nikah, ya kan? Jika buah tangan yang kamu berikan satunya seharga 6 ribu rupiah dan ada 500 undangan, kamu harus menyiapkan budget souvenir nikah seharga 3 juta rupiah.

  6. Undangan
    Pesta pernikahan tanpa undangan yang datang tentu jadi tak berarti ya. Undangan pun ingin dibuat sesuai desain yang kamu inginkan, dengan bahan yang sebaik mungkin pula. Untuk sebuah undangan yang sudah bisa dikatakan baik, satunya juga seharga 6 ribu rupiah sehingga menjadi 3 juta rupiah untuk 500 undangan.

  7. Musik
    Band atau penyanyi akan menjadi pelengkap pada saat pesta pernikahanmu berlangsung. Untuk acara nikah 2-3 jam di dalam gedung, sebuah band biasanya akan tampil dengan bayaran 5 juta rupiah.

  8. Foto/Video
    Foto dan video biasanya menelan biaya yang cukup besar pula, terlebih jika kamu menggunakan jasa pre-wedding ya. Jika menggunakan jasa foto dan video untuk pre-wedding serta hari pernikahan, kamu bisa menyiapkan sampai 10 juta rupiah.

  9. Tempat pernikahan
    Tempat tentunya menelan biaya yang cukup besar ya. Belum lagi jika upacara pernikahan kamu adakan di tempat yang berbeda dengan resepsi. Jangan lupa, dekorasi pun harus kamu pertimbangkan biayanya. Untuk sewa gedung berkapasitas 1000 orang dan dekorasinya, masukkan budget 20 juta rupiah ya.

  10. Wedding organizer
    Untuk membantu lancarnya pernikahanmu, jasa wedding organizer juga bisa digunakan. Di luar gedung, gaun, catering, dan biaya lain yang sudah tercantum di atas, biayanya 7 juta rupiah. Untuk paket pernikahan murah, kamu bisa mencari wedding organizer yang sudah mencakup kebutuhan lainnya.

  11. Biaya tak terduga
    Kalau total poin 1-10 dijumlah, paling tingginya adalah 97 juta 500 ribu rupiah. Tambahkan biaya tak terduga, 5% dari keseluruhan. Berarti totalnya lebih kurang 102 juta rupiah ya.

Rekomendasi Tempat Resepsi Mewah Namun Terjangkau di Jakarta

Ada beberapa tempat di Jakarta bisa menjadi pilihan terjangkau bagi budget pernikahan-mu. Misalnya saja di Gedung Arsip Nasional (8 juta rupiah), Gedung Puspa Pesona (10 juta rupiah), Aula Sudirman Makodam Jaya (10 juta rupiah), serta Gedung BKKBN (10 juta rupiah ++). Coba dicek, siapa tahu bisa jadi bahan pertimbangan untuk persiapan pernikahan-mu ya.

Bagaimana menghemat biaya pernikahan tersebut?

Biaya pernikahan tersebut di atas tentunya menyesuaikan budget pernikahan yang kamu rancang bersama pasanganmu. Biasanya, semakin jauh hari persiapan pernikahan, serta banyaknya koneksi dan kenalan akan membantumu mendapatkan paket pernikahan murah yang lebih terjangkau. Misalnya saja, ada temanmu yang ternyata seorang MUA (Make Up Artist), fotografer, dan juga band, kamu bisa lebih berhemat.

pexels-photo-388240-min

Pilihlah wedding organizer yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, lagipula sekarang sudah banyak wedding organizer yang terjangkau tetapi cukup baik pula secara kualitas. Jangan lupa banyak berkonsultasi dengan pasangan dan teman-temanmu yang sudah melalui ini. Dengan begitu, persiapan pernikahanmu akan berjalan dengan lebih baik dan tidak membuat kantung kering ya.

Untuk tempat, jika kediamanmu atau pasangan cukup luas, tidak ada salahnya kok merayakan pesta nikah kecil-kecilan saja di kediaman kalian. Atau, mengadakannya di masjid atau pun gereja yang lokasinya strategis dan bisa dijangkau para tamu yang datang. Kamu bisa mengundang cukup banyak tamu, dan memberikan makan terbaik dengan harga terjangkau. Setelahnya, bisa juga kalau kamu mau membuat makan-makan spesial keluarga dan teman terdekat di restoran yang lebih mewah.

Persiapan Jadi Kuncinya

Merancang pernikahan tentunya bukanlah suatu hal yang dikerjakan dan selesai dalam satu-dua hari. Banyak yang merencanakannya berbulan-bulan sebelum akhirnya memantapkan hati dan menemukan yang sesuai. Yang pasti, kalau kamu ingin memiliki pernikahan yang mewah dengan budget pernikahan yang terjangkau, alamat.com solusinya. Di sini, kamu dapat menemukan berbagai vendor pernikahan dengan paket pernikahan murah yang terbaik untuk pernikahanmu. Jadi tidak perlu pusing lagi memikirkan menyusun budget pernikahan yang ramah dompet ya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk menghemat biaya pernikahanmu, dengan tetap mewah dan elegan. Kamu sedang mencari vendor pernikahan yang murah dan berkualitas? Yuk, upload fotomu dan tulis review pengalaman yang kamu dapatkan ke Alamat.com dan dapatkan point reward!

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov.

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia