5 Tanda-Tanda Restoran Tidak Higienis Yang Sebaiknya Kamu Hindari

RestoranMakananMunchies

5 Tanda-Tanda Restoran Tidak Higienis Yang Sebaiknya Kamu Hindari

Restoran bisa terkenal karena banyak hal, misalnya makanannya yang lezat, dekor yang keren dan instagrammable, sampai pelayanannya yang baik. Tapi, tak jarang ada pula restoran yang terkenal karena reputasi yang buruk, contohnya saja karena kotor dan tidak higienis. Tentunya kamu pasti tidak mau mendatangi restoran yang kurang menyenangkan seperti itu ya. Karena itu, kamu perlu mengetahui tanda-tanda restoran yang kamu datangi itu higienis atau tidak. Apa saja tanda-tanda tersebut?

Sepi Pengunjung

Memang sepi pengunjung tidak selalu menjadi tanda-tanda sebuah restoran tidak higienis atau tidak bersih ya. Bisa jadi karena restoran tersebut baru buka, atau pun kurang promosi. Tapi kalau kamu mengetahui sebuah restoran sudah berdiri cukup lama, tapi ternyata sepi pengunjung, kamu patut mempertanyakan hal tersebut ya. Mungkin saja restoran tersebut tidak higienis atau tidak bersih, makanya sedikit yang mau berkunjung ke sana.

Pernah dengar istilah “tamu adalah raja”? Bukan berarti tamu bisa seenaknya saja, tapi berarti semua pegawai di restoran yang kamu datangi seharusnya memberikan yang terbaik bagi semua tamunya, termasuk kamu. Kalau kamu duduk dan mendapati menu yang masih banyak bekas saus dan makanan, bagaimana reaksimu? Tentunya akan segan menyentuhnya ya, belum lagi selera makan yang terlanjur hilang.

alat-makan-kotor

Berikutnya, setelah makanan disajikan, ternyata semua peralatan makan yang disajikan kotor, bagaimana? Mungkin agak wajar ya jika restoran yang kamu datangi sedang ramai pengunjung ya. Tapi bagaimanapun juga, semua karyawan restoran sebaiknya bekerja sama untuk memberikan pelayanan terbaik, dan memperhatikan hal-hal terkecil sekalipun. Sehingga, tidak ada peralatan yang diterima konsumen kotor dan jorok.

Restoran Jorok

Kalau poin sebelumnya hanya membahas mengenai menu dan peralatan makan, poin ini membahas tanda-tanda berikutnya, yaitu restoran tidak bersih, jorok, dan bau. Ketika makan pun indera kita lainnya ikut bekerja dan memberikan pengalaman makan santapan kita saat itu. Seenak apa pun makanannya, kalau restorannya tidak higienis atau tidak bersih, pasti pengalaman bersantap pun jadi tidak menyenangkan. Meja, kursi, lantai, sampai dinding restoran harusnya dibersihkan secara rutin, dan tidak seharusnya pula ada bau menyengat yang tidak enak dalam restoran.

makanan-banyak-asap

Misalnya saja restoran yang kamu datangi menyajikan makanan dengan bau menyengat, seperti daging bakar-bakaran atau sate. Mereka harus memiliki tempat khusus untuk memanggang atau membakarnya, atau menyajikan exhaust fan cukup banyak agar kamu bisa makan dengan nyaman dan bisa menikmati rasanya dengan baik.

tikus

Selain itu, kalau sampai di restoran yang kamu datangi terdapat serangga atau hewan seperti tikus, hampir bisa disimpulkan bahwa restoran tersebut tidak higienis. Jadi kalau menemukannya, kamu harus segera memanggil pegawai dan tinggalkan saja restoran tidak bersih tersebut.

Toilet Tidak bersih

Memang tidak selalu kita ke toilet setiap kali datang ke restoran. Tapi toilet yang terawat menjadi tanda-tanda bahwa restoran tersebut menjaga kebersihannya dengan baik. Toilet yang tidak bersih bisa langsung menjadi tolak ukur sebuah restoran tidak bersih.

toilet-kotor

Apa kamu mau datang ke restoran dengan toilet kotor dan jorok, kusam, serta bau tak sedap? Ibarat peribahasa, akibat sebuah toilet tidak bersih, rusak penilaian keseluruhan kita terhadap restoran itu.

Pegawai Tidak Profesional

Ada banyak bentuk tidak profesional dari pegawai di sebuah restoran ya, misalnya saja tidak menyambut dan mengacuhkan tamu saat datang, sibuk mengobrol dan main gadget, tidak berinteraksi dengan sopan dan ramah, dan sebagainya. Dalam konteks melihat tanda-tanda restoran yang tidak higienis, bisa dilihat dari kebersihan pegawai secara keseluruhan.

staff-tidak-profesional

Misalnya saja juru masak, apakah mereka mencuci tangan atau memakai sarung tangan saat mengolah makananmu? Untuk pelayannya, apa mereka mengelap mejamu dengan lap yang bersih, atau setidaknya tidak kotor? Jangan sampai setelah dibersihkan, mejamu malah meninggalkan noda kotor dan berbau. Dengan melihat pegawainya saja, kamu akan bisa menilai apakah restoran tersebut higienis atau tidak higienis.

Banyak customer yang datang ke restoran segan untuk mengungkapkan rasa tidak suka mereka. Tapi ingat, justru dengan mengungkapkan apa yang kamu rasakan, itu akan membantu restoran tersebut berbenah untuk jadi lebih baik bagi semuanya lho.

Daripada kamu bingung mencari restoran yang higienis, coba cek di Alamat.com. Selain ada banyak restoran terbaik, ada juga fitur review, yang memungkinkan pengunjung yang sudah pernah datang untuk memberikan review mereka. Jadi kamu bisa langsung memperhitungkan restoran mana yang patut masuk ke dalam checklist-mu. Begitu pun kalau kamu punya review tentang restoran favoritmu, yuk tuliskan. Selain membantu orang lain, kamu pun bisa mendapatkan point reward lho!

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia