Influencer Marketing Untuk Bisnis Travel? Simak Caranya Di Sini

Alamat SuksesInfo BisnisBisnis TravelInfluencer MarketingDigital MarketingBisnisUlasan Bisnis

Influencer Marketing Untuk Bisnis Travel? Simak Caranya Di Sini

Kerjasama bisnis bukan hanya bisa dilakukan antar 2 perusahaan saja. Terkadang, pemilik bisnis juga harus pintar-pintar memanfaatkan momen untuk mencari peluang kerjasama. Salah satu bentuk kerjasama yang umum dilakukan secara online yaitu dengan menggandeng para influencer di sosial media, misalnya blogger yang aktif menulis atau selebgram yang eksis di Instagram.

Berbagai Kelebihan Influencer Marketing untuk Bisnis Travel

Salah satu industri yang sangat prospektif untuk influencer marketing yaitu bisnis travel dan hiburan. Bukannya tanpa alasan, trik marketing online ini nyatanya memiliki berbagai kelebihan untuk memasarkan industri travel, seperti biaya yang lebih murah, target konsumen yang spesifik, hingga meningkatkan brand awareness.

influencer-marketing-untuk-bisnis-travel

Tidak perlu ditanya berapa biaya untuk memasang iklan di koran atau memutar iklan di saluran televisi nasional. Beberapa media tertentu bisa memakan biaya yang lebih besar dibandingkan yang lain, belum lagi jika masih harus mengajak selebriti untuk menjadi modelnya. Nah, di sinilah letak keuntungan bekerjasama dengan para selebgram.

Jika dibandingkan, tentunya kerjasama dengan influencer bisa menekan biaya promosi yang lebih besar. Selain itu, para influencer ini umumnya memiliki audience yang sesuai dengan bidang mereka, sehingga targetnya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk bisnis travel misalnya, para pemilik bisnis bisa menggandeng travel atau food blogger dengan audience yang hampir bisa dipastikan memiliki minat di bidang travelling atau makanan.

gandeng-travel-blogger-yang-audience-nya-sesuai

Selain dari sisi finansial, ada juga keuntungan dari sisi bisnis. Perkembangan sosial media yang pesat memungkinkan sebuah informasi untuk tersebar luas tanpa memandang jarak dan waktu. Seorang selebgram yang mempromosikan sebuah bisnis bisa menjadi viral dan menjangkau banyak orang, mulai dari followers hingga pengguna sosial media lain. Bisa bayangkan betapa menguntungkannya hal ini untuk meningkatkan brand awareness sebuah bisnis?

5 Ide Kerjasama Menarik yang Bisa Dicoba

Siapa bilang kerjasama dengan influencer hanya bisa dilakukan dengan cara endorse atau postingan berbayar? Faktanya, ada banyak jenis kerjasama lain yang ternyata lebih menjanjikan. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Affiliate Marketing
    Trik satu ini bermanfaat untuk mendorong calon konsumen untuk mencoba suatu produk dan meningkatkan penjualan. Affiliate marketing bisa dilakukan dengan cara membuat kupon diskon yang disebarkan oleh influencer, di mana nantinya influencer tersebut bisa mendapatkan komisi dari kode yang digunakan.

  • Kompetisi dan Giveaway
    Cara ini bisa dicoba untuk sekadar meningkatkan brand awareness dan eksposur produkmu. Buat kuis atau kompetisi, kemudian gandeng beberapa influencer untuk menyebarluaskan kompetisi yang sudah dibuat.

  • Sponsored Post
    Bisa diterapkan di jejaring sosial seperti Instagram ataupun blog, trik ini cukup simpel dibandingkan trik lainnya. Caranya, ajak influencer untuk membuat postingan yang mempromosikan bisnismu, bisa berupa artikel soft-selling misalnya.

  • Account Takeover
    Para pelaku bisnis travel bisa mengundang influencer untuk menghabiskan waktu di tempat mereka, hotel atau restoran misalnya. Kemudian biarkan influencer tersebut mem-posting aktivitasnya di sosial media bisnismu. Terdengar seru, bukan?

  • Endorse
    Cara satu ini sudah banyak sekali dilakukan, bahkan dengan usaha kecil menengah online. Endorse atau gifting merupakan metode kerjasama di mana pemilik bisnis memberikan produknya untuk dipromosikan oleh sang influencer. Umumnya, influencer juga akan mengenakan biaya tambahan, sehingga ada baiknya kamu mengalokasikan biaya tambahan untuk kerjasama ini.

Kiat Memilih Influencer untuk Kerjasama yang Prospektif

Seperti kerjasama bisnis yang perlu direncanakan dengan matang, tentunya kerjasama dengan para influencer juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Salah-salah memilih, nantinya kerjasama yang dilakukan malah tidak akan menghasilkan apapun. Karena itu, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal penting berikut sebelum gegabah mempromosikan bisnismu.

kumpulkan-data-dan-telusuri-informasi-mengenai-influencer

Kumpulkan data dan telusuri informasi mengenai influencer yang prospektif. Hal-hal yang perlu kamu ketahui yakni media yang aktif digunakan (blog atau sosial media), kategori (travel, food, dan lainnya), reputasi, hingga jumlah followers dan engagement rate-nya. Memang belum menjamin efektivitas promosi, namun hal di atas bisa membantumu menemukan gambaran dan perbandingan yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

Hal lain yang tidak kalah penting yaitu melakukan negosiasi harga dan jenis promosi yang akan dilakukan. Bandingkan harga, periode, jenis promosi, dan faktor lainnya sebelum menyetujui untuk bekerjasama dengan influencer. Buat juga kesepakatan yang jelas dengan brief dan detail mengenai jenis promosi yang akan dilakukan untuk meminimalisir kesalahpahaman. Soal biaya sendiri, tak jarang, influencer bisa mematok biaya hingga mencapai puluhan juta Rupiah, tergantung jenis konten yang di-posting.

negosiasikan-harga-dan-jenis-promosi-agar-tidak-terjadi-kesalapahaman

Sebelum promosi bersama influencer, kamu juga perlu meningkatkan online presence bisnismu agar bisa dicari orang jika promosimu berhasil, salah satunya adalah dengan sign-up di Alamat.com di mana kamu akan mendapatkan halaman bisnis untuk mengelola dan menampilkan informasi-informasi penting mengenai bisnismu.

artikel ini ditulis oleh Maria Juwita

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia