Cara Sederhana Untuk Menekan Modal Usaha

BisnisAlamat SuksesInfo BisnisModal Usaha

Cara Sederhana Untuk Menekan Modal Usaha

Modal bisa menjadi salah satu hal yang banyak dikhawatirkan saat hendak memulai bisnis karena modal buka usaha terbatas dan belum memungkinkan untuk menghasilkan keuntungan. Ada baiknya para pemilik UKM melakukan strategi untuk menekan biaya operasional. Bingung biaya apa saja yang bisa dihemat? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan efisiensi finansial untuk bisnis modal kecil!

Buat Perkiraan Biaya yang Dibutuhkan

Selalu mulai perencanaan bisnis dengan membuat budgeting atau perkiraan biaya yang dibutuhkan, mulai dari perhitungan modal hingga biaya-biaya lain yang dibutuhkan. Hal ini penting dibuat agar pemilik bisnis bisa mengetahui perkiraan uang untuk biaya operasional.

Beli Barang Bekas atau Refurbished

Selain dengan membeli barang baru, kamu juga bisa melengkapi barang-barang untuk keperluan operasional dengan memanfaatkan barang bekas yang masih layak pakai. Memanfaatkan barang bekas cukup efektif untuk menekan biaya yang dikeluarkan dalam masa-masa awal membangun bisnis. Pilihlah barang bekas yang belum melewati masa pakai dan masih bisa berfungsi dengan baik.

TV-bekas

Tidak hanya barang bekas, menggunakan barang refurbished atau rekondisi juga bisa membantu menekan biaya pengeluaran. Barang seperti ini biasanya tidak terlalu defektif atau cacat dan dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan barang baru.

Membeli vs Menyewa

Alternatif lain untuk mengurangi pengeluaran operasional yaitu dengan menyewa peralatan yang dibutuhkan. Umumnya, harga sewa jauh lebih terjangkau dibandingkan harga beli. Trik ini juga cocok diterapkan untuk barang-barang yang harganya terlalu mahal ataupun hanya dibutuhkan dalam jangka waktu yang relatif pendek.

Promosi Secara Online

Media online bisa digunakan oleh siapa pun, kapan pun, dan dimanapun secara gratis. Dibandingkan dengan media promosi offline, media online membutuhkan biaya yang jauh lebih murah dan juga lebih praktis. Brosur atau spanduk hanya bisa menjangkau segelintir masyarakat, sedangkan media sosial bisa menjangkau lebih banyak target konsumen potensial. Hal ini memungkinkan kamu untuk memaksimalkan jangkauan promosi dengan biaya minimal.

hemat-modal-usaha-dengan-promosi-online

Beli Barang dalam Jumlah Banyak

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pembelian barang secara jumlah banyak atau grosir cenderung lebih menguntungkan dibanding membeli secara eceran. Perhitungan harga untuk pembelian grosir biasanya lebih murah dibandingkan harga ecer, dan tentunya akan sangat menguntungkan bagi para pemilik bisnis. Bandingkan beberapa distributor dan jangan ragu untuk menawar.

Hemat Biaya Operasional dengan Melakukan Hal Berikut Ini!

Beberapa cara sederhana untuk menghemat biaya operasional bisnis juga bisa dilakukan dengan cara:

  1. Outsource sumber daya manusia: gunakan sistem pekerja lepas atau pekerja paruh waktu jika memungkinkan.
  2. Potong biaya yang tidak diperlukan: seperti menghemat biaya listrik dan telepon yang tidak digunakan. Sebagai gantinya, manfaatkan email dan telepon melalui aplikasi online WhatsApp misalnya.
  3. Cari pemasok alternatif: jika harga dari pemasok dinilai masih terlalu tinggi, jangan ragu untuk negosiasi atau mencari pemasok lain.
  4. Kurangi penggunaan kertas dan printer: manfaatkan teknologi dan komputer untuk menyimpan semua data.
  5. Kurangi pembelian eceran: dengan begini, kamu sudah melewatkan kesempatan mendapatkan diskon grosir yang jauh lebih menguntungkan!
  6. Buat alur kerja dan distribusi: dengan merencanakan alur kerja dan proses distribusi kamu dapat menghemat biaya lebih karena semuanya sudah terstruktur, seperti biaya transportasi contohnya.

Namun Hati-hati, Ini Risiko Jika Modal Bisnis Terlalu Minim!

Sah-sah saja apabila pemilik bisnis ingin setiap dana digunakan secara efektif dan efisien. Tapi ada hal-hal yang perlu diperhatikan juga, nih! Jika modal terlalu minim hingga mempengaruhi jalannya bisnis, dikhawatirkan hal ini akan berdampak negatif pada rencana jangka panjang bisnismu.

hati-hati-terhadap-risiko-bisnis-yang-mengancam-modal-usaha

Pemasok yang Gagal Memenuhi Pesanan

Kesalahan fatal ini bisa kamu hindari dengan memiliki cadangan pemasok. Meskipun ada pemasok yang harganya lebih mahal, namun tidak ada salahnya kamu tetap menyimpan kontak dan bernegosiasi untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Jika hanya bergantung pada 1 pemasok, dikhawatirkan bisnismu tidak akan bisa berjalan dengan lancar saat pemasok gagal memenuhi pesananmu.

Kualitas Produk Menurun Akibat Pemotongan Biaya Produksi

Menghemat biaya bukan berarti kamu harus berkompromi dengan kualitas produk. Sebaiknya, jangan sampai menurunkan standar bahan baku demi menekan biaya produksi. Hal ini bisa berbahaya untuk jangka panjang. Kelak, dikhawatirkan bisnismu malah tidak bertahan lama karena produk yang tidak berkualitas. Tetap cari alternatif terbaik tanpa mengorbankan kualitas hasil produksi.

Tidak Memiliki Dana Darurat

Keuangan yang dikontrol terlalu ketat kemungkinan besar membuat bisnismu tidak memiliki dana darurat saat situasi tak terduga muncul. Untuk berjaga-jaga, coba konsultasikan dengan pakar keuangan mengenai cara mengatur dan menyisihkan dana untuk keadaan tak terduga.

Penjualan Menurun Kurang Promosi

Salah satu komponen yang bisa dihemat yaitu biaya marketing atau pemasaran. Terlalu jauh menghemat biaya pemasaran bisa berisiko bisnismu tidak mendapatkan cukup eksposur. Kedepannya, hal ini bisa berdampak pada penjualan dan pendapatan yang menurun. Rencanakan baik-baik strategi pemasaran bisnis yang disesuaikan dengan alokasi danamu.

Tidak Memperhatikan Masa Depan Bisnis

Jangan sampai terlalu sibuk memikirkan cara menghemat biaya sampai-sampai lupa dengan visi dari bisnismu. Saat ini, biaya promosi, iklan, training, atau penggunaan alat produksi memang bisa ditekan. Namun ingat juga, para pemilik bisnis juga perlu memikirkan cara untuk mendapatkan pemasukan yang bisa dipakai untuk mengembangkan bisnis.

jangan-lupa-pertimbangkan-visi-bisnis

Memulai bisnis memang butuh perencanaan yang matang, terutama dari segi finansial. Dengan strategi keuangan yang lebih efisien, biaya bisnis yang biasanya identik dengan jumlah besar bisa kok dihemat! Kamu juga bisa mempromosikan bisnis secara online dengan sign-up di Alamat.com. Ayo, jangkau ribuan calon pembeli baru, gratis!

artikel ini ditulis oleh Maria Juwita

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia