Bisnis Travel-Mu Sudah Go-Online Belum? Simak Tipsnya Di Sini

BisnisBisnis TravelAlamat SuksesInfo BisnisDigital Marketing

Bisnis Travel-Mu Sudah Go-Online Belum? Simak Tipsnya Di Sini

Di media sosial bisa kita lihat sekarang, hampir semua orang berlomba-lomba liburan menuju destinasi wisata favorit, baik dalam negeri maupun luar negeri. Melihat “fenomena” ini, pasti banyak yang mulai berpikir, bagaimana kalau membuat bisnis tour and travel?

bisnis-tour-and-travel-online-tidak-perlu-lokasi-fisik

Tak perlu punya tempat fisik, buat saja bisnis travel online, kerjakan dari rumah. Terlebih, bisnis travel agent merupakan pilihan utama yang akan dicari oleh masyarakat yang ingin praktis tanpa perlu menyusun jadwalnya sendiri. Nah, melihat fenomena tersebut, bisnis travel boleh jadi ide bisnis nih.

Bagaimana Perkembangan Bisnis Travel?

Di Indonesia sendiri, masyarakatnya semakin sadar akan banyaknya wilayah cantik yang ditawarkan di seluruh penjuru Indonesia dan maraknya turis-turis asing yang berdatangan membuka peluang usaha untuk menjalankan bisnis tour and travel.

Kendala dan Kesulitan membuka Bisnis Tour and travel

Bukan tanpa halang rintang, ide bisnis ini pun punya kerumitan tersendiri. Mulai dari menyusun jadwal, mempelajari destinasi tujuan, membuat budgeting, membangun relasi, sampai memastikan keselamatan setiap orang yang memakai jasa bisnis travel.

buat-perencanaan-matang-sebelum-mulai-bisnis-tour-and-travel-online

Survei sejelas mungkin, dan menanyakan detail lokasi kepada warga setempat tentunya menjadi sebuah keharusan agar orang-orang yang memakai jasa bisnis travel agent kita pun mendapat perjalanan yang bermakna, pun aman dan selamat sampai tujuan.

Bisnis Tour and Travel Online, Bagaimana Cara Kerjanya?

Dunia dalam genggaman tangan, begitulah istilahnya sekarang. Melalui internet, beragam informasi dari seluruh dunia bisa kita peroleh. Termasuk juga informasi terkait travel agent pilihan. Di samping tempat fisik, informasi terkait bisnis travel agent sekarang juga ada di media sosial, juga di website yang ada. Jika kamu mau memulai UKM bisnis travel agent ini, asal sudah tahu “pasar” dan apa yang mau kamu jual, serta bagaimana cara menjualnya, tidak ada salahnya langsung eksekusi.

mulai-bisnis-tour-and-travel-mu-sekarang

Empat Tips Berikut Kalau Kamu Mau Mulai Bisnis Travel Online

  • Siapa Target Market-mu
    Kamu harus tahu siapa target market-mu dan apa yang mereka cari. Karena ini pun terkait harga dan fasilitas yang kamu tawarkan pada mereka. Misalnya saja, target-mu adalah anak-anak muda, atau pun dewasa muda yang baru punya penghasilan sendiri. Destinasi bisnis travel-mu bisa menuju tempat-tempat berpemandangan indah, tapi tanpa biaya masuk, sehingga meminimalisir budget yang akan kamu bebankan kepada wisatawan. Jangan lupa, pelayanan terbaik harus tetap kamu berikan siapa pun customer-nya. Karena itulah yang akan jadi pertimbangkan, akankah mereka memakai jasa bisnis travel-mu dan apakah mereka akan menggunakannya kembali.

  • Bagaimana Memulai dengan Biaya Minim, Atau Bahkan Tanpa Biaya?
    Perhatikan relasi yang kamu miliki sekarang, yang bisa bermanfaat untuk bisnis travel-mu. Mulai dari marketing, tour leader, sampai akuntan, bisa kamu lirik dari orang-orang terdekatmu. Begitu pun juga dengan orang-orang yang berpotensi untuk memberikan sponsor bagi UKM bisnis travel-mu ini. Lalu lihatlah potensi lokasi wisata di tempat kamu tinggal. Carilah tempat-tempat yang unik dan menarik. Apabila kamu ingin menargetkan generasi millennial, carilah tempat yang pemandangannya bagus sehingga mereka tertarik untuk datang kesana dan berfoto.

  • Bagaimana Untuk Usaha Bisnis travel yang Sudah Berjalan?
    Kalau UKM bisnis travel milikmu sudah berjalan, terus kembangkan agar lebih maksimal. Misalnya, gunakan media sosial dan website untuk menjangkau lebih banyak masyarakat. Kamu bisa juga memberikan promosi atau pun giveaway untuk customer, yang memesan lewat online, atau melakukan beberapa langkah tertentu. Seperti repost foto, mengikuti lomba, dan lain sebagainya. Bisa juga sediakan jasa fotografer professional yang khusus mengabadikan momen pengguna jasamu pada saat liburan.

  • Perhatikan Hal-Hal Krusial Dalam Bisnis Travel
    Jangan lupa perhatikan hal-hal penting dalam UKM bisnis travel agent-mu ya. Misalnya saja keselamatan wisatawan, juga persiapan untuk hal-hal di luar rencana. Contohnya cuaca yang tidak bersahabat, maupun tempat wisata yang tiba-tiba ditutup karena satu dan lain hal. Pastikan kamu memiliki kontak pengelola, atau orang yang bertanggung jawab di tempat destinasi tujuanmu. Jadi, kalau terjadi sesuatu di luar kebiasaan, kamu bisa mendapat informasi langsung dari mereka.

Apa yang Bisa “Dijual” dari Bisnis Travel agent di Indonesia?

Di Indonesia sendiri, kamu bisa memilih destinasi yang menjadi favorit di Indonesia, misalnya Pulau Padar, Sumba, Gunung Bromo, sampai Raja Ampat. Atau, kamu bisa memilih destinasi yang sedang populer mengikuti tren film yang ada. Seperti beberapa waktu lalu, banyak ide bisnis travel yang membuka destinasi Jogjakarta sesuai film AADC (Ada Apa dengan Cinta) 2, yang tentunya banyak diminati.

pesona-nusantara-sebagai-tujuan-bisnis-tour-and-travel-mu

Terakhir, kamu bisa mencari hidden gems, alias tempat indah tapi belum banyak terjamah turis. Misalnya saja Pulau Kei, Tana Toraja, Pulau Togean, dan lain sebagainya. Perbanyak eksplorasi pula tempat-tempat potensi wisata di sekitarmu, sebelum menjalankan ide bisnis ini. Jangan lupa, ceritakan seputar bisnismu di Alamat.com ya, ajak juga customer kalian untuk turut menuliskan ulasan dan dapatkan point rewards!

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia