Berawal dari Hobi, Hasilkan Ladang Uang dari Bisnis Pet Shop

BisnisBisnis Pet ShopAlamat SuksesInfo Bisnis

Berawal dari Hobi, Hasilkan Ladang Uang dari Bisnis Pet Shop

Apa kamu termasuk penggemar hewan, dan bahkan memelihara hewan di rumahmu? Sekarang jumlah pemilik hewan, ikut komunitas dan pet shop pun semakin banyak nih. Kalau komunitas menjadi tempat saling berbagi di mana hewan-hewan tersebut bisa berteman, pet shop bisa menjadi tempat memenuhi semua kebutuhan hewan kesayangan.

Mulai-bisnis-pet-shop-mu-sekarang

Mulai dari makanan, vitamin, mainan, sampai kebutuhan lainnya biasanya lengkap tersedia di pet shop. Pernah kepikiran nggak, kalau pet shop jadi ide bisnis, UKM (Usaha Kecil menengah) milikmu? berwiraswasta memulai usaha sesuai dengan apa yang kamu sukai bisa menjadi salah satu contoh usaha rumahan yang bisa kamu kerjakan kan?

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Usaha Pet shop?

Berbeda dengan usaha biasa lainnya, pet shop ini “berbeda”, karena kamu menawarkan sesuatu untuk makhluk hidup. Jadi, tentunya jenis usaha ini tidak bisa sembarangan saja dijalankan ya. Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah lokasi tempat kamu akan membuka pet shop atau toko hewan ini.

Tempat yang cukup strategis adalah di dekat lokasi perumahan yang banyak memelihara hewan peliharaan, ruko pinggir jalan yang mudah diakses, atau pun di dekat dokter hewan ternama. Kalau ternyata rumahmu cukup strategis pun, kamu bisa mejadikannya sebagai sebuah pet shop, terlebih kalau kamu punya pekarangan yang luas. Saat ini, tentunya yang banyak adalah pet shop di Jakarta yang melihat potensi lebih banyak karena semakin banyak jumlah pemilik hewan disana. Tentunya selain di Jakarta, kamu juga bisa mencobanya di daerah yang kamu lihat potensial.

Tentukan Fokus yang Kamu Tawarkan di Pet Shop-mu

Berikutnya, kamu pasti bertanya dong, apa yang bisa kamu tawarkan untuk UKM pet shop-mu ini. Meskipun namanya pet shop, tentu kamu tidak menjangkau semua jenis hewan kan? Tentukan terlebih dahulu, apa yang ingin kamu fokuskan. Yang paling banyak ditemui biasanya toko hewan untuk kucing dan anjing, karena mayoritas orang memelihara dua jenis hewan tersebut.

anjing-atau-kucing-adalah-hewan-yang-paling-populer-dipelihara

Kalau sudah tahu apa fokusmu, perbanyak perlengkapan untuk hewan tersebut. Kalau tetap ingin menjangkau jenis hewan lainnya, cukup pilih tiga sampai empat jenis kebutuhan saja yang kamu penuhi. Nah, kebutuhan apa saja yang bisa kamu tawarkan?

Makanan Hewan

Untuk makanan, kamu bisa menyediakan beberapa merk, dan beberapa jenis. Misalnya, makanan sesuai kebutuhan usia dan berat badan hewan karena kebutuhannya berbeda-beda. Sebelum memulai usaha pet shop ini, kamu harus ingat bahwa jumlah takaran yang harus diberikan pun tertera jelas di kemasan makanan tersebut, bisa kamu pelajari terlebih dahulu untuk mengedukasi pelangganmu. Oh iya, ada juga makanan yang bisa sekaligus membersihkan karang gigi hewan, yang bisa kamu beli untuk stok di pet shop-mu.

Vitamin Hewan

Selain makanan, kamu bisa juga sediakan vitamin bagi hewan, karena bukan cuma manusia yang butuh vitamin, hewan pun perlu. Karenanya jenis usaha ini harus memenuhi kebutuhan tersebut pula.

Obat-Obatan dan Vaksin

Berikutnya, siapkan pula beberapa jenis obat-obatan mendasar yang penting bagi hewan, seperti obat anti kutu, anti tungau atau jamur. Jikalau memungkinkan untuk pet shop-mu, kamu bisa juga menyediakan fasilitas vaksin berkala. Lebih baik lagi, jika seorang dokter hewan ikut berada dalam pet shop-mu, sehingga pemberian vaksin bisa lebih terjaga dengan baik.

Sabun Atau Shampoo Hewan

Hewan peliharaan pun perlu membersihkan diri agar bersih dan wangi ya. Karena itu sebelum memulai usaha pet shop, kamu bisa membeli berbagai stok kebersihan bagi hewan, untuk memenuhi kebutuhan pelangganmu.

Mainan Hewan

Ada banyak sekali jenis mainan yang bisa digunakan untuk hewan, kamu pun perlu mencari tahu lebih banyak sebelum mulai berwiraswasta pet shop ini. Mulai dari mainan dengan bulu-bulu, lonceng, atau pun boneka kecil yang bisa mengeluarkan suara jika ditekan.

Kandang Hewan

Nah, ini juga menjadi salah satu yang diincar pelanggan ketika mereka datang ke pet shop, apalagi kalau mereka baru mulai memelihara hewan. Sediakanlah berbagai macam kandang hewan, baik beragam warna, bentuk, juga ukurannya ya.

Pet Hotel dan Pet Salon

Sebagai tambahan, jika tempat toko hewan-mu ini cukup luas, kamu juga bisa menyediakan pet hotel agar para pemilik hewan bisa menitipkan hewan peliharaannya padamu. Tentunya kamu harus memisahkannya dari tempat berjualanmu, serta memperhatikan dan menjaga kebutuhan serta kesehatan hewan-hewan yang ada.

hewan-yang-dititipkan-di-pet-shop-harus-diperiksa-dulu

Sebelum dititipkan, hewan wajib diperiksa terlebih dahulu, dilihat kesehatan dan kebersihannya. Sebisa mungkin, jangan mencampur kandang hewan, apalagi hewan yang sakit, karena akan menular dengan cepat. Pet Salon pun bisa jadi pertimbangan, di mana para pemilik hewan bisa datang ke pet shop-mu sekadar untuk mandi dan membersihkan hewannya.

Cara Memasarkan Pet shop Milikmu

Sebagai pemilik Wiraswasta pet shop, kamu pun harus belajar banyak mengenai hewan, bagaimana kebiasaan, dan apa kebutuhan mereka. Tak kalah pentingnya, kamu sendiri pun harus suka berada di “dunia” tersebut, agar kamu bisa memulai usaha dengan perasaan gembira pula. Profit yang kamu dapatkan dari jenis usaha ini akan berasal dari selisih nilai barang-barang yang kamu jual, juga jasa penitipan dan perawatan hewan-hewan yang ada.

belajar-mengenal-hewan-agar-semakin-paham-dengan-bisnismu

Untuk promosi, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Mulai dari memasang spanduk dan memberikan promo, sampai meng-endorse “selebriti hewan” yang ada di instagram. Bisa juga dengan mengoptimalkan media sosialmu dan mendapatkan review di website terpercaya. Contohnya di Alamat.com ini, di mana pelanggan yang sudah pernah datang ke pet shop-mu bisa memberikan review untukmu, yang tentunya meningkatkan kredibilitasmu ya. Ditambah lagi, customer yang upload foto serta melakukan review akan mendapatkan reward points, seru kan!

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia http://about.me/geraldytony