Ini Kenapa Kamu Tidak Boleh Makan Roti Berjamur

MunchiesRotiJamurKesehatan

Ini Kenapa Kamu Tidak Boleh Makan Roti Berjamur

Banyak orang yang sering menyimpan makanan di rumah sampai berhari-hari atau pun berminggu-minggu. Bahkan, mereka seringkali tidak pernah benar-benar memeriksa bagaimana keadaan makanan tersebut. Apa kamu termasuk salah satunya? Sekarang, coba kamu perhatikan dengan seksama, apakah makananmu sudah layu, berubah warna, berbau, atau pun berjamur? Beberapa makanan seperti buah-buahan, daging, sampai roti lambat laun bisa tumbuh jamur nih kalau kamu didiamkan di ruangan.

roti-berjamur

sumber gambar: Science Insider

Kalau kamu perhatikan dengan seksama, tampak bercak berwarna kehitaman, kuning, atau pun putih sampai bau menyengat di makanan atau roti yang kamu diamkan berhari-hari. Hal tersebut menandakan adanya pertumbuhan jamur di makanan, termasuk di rotimu itu. Tapi kalau sedang tidak ada makanan, kadang kita berpikir untuk hanya memotong bagian roti berjamur, lalu memakan bagian roti yang terlihat bersih ya. Tapi sebenarnya, apakah bagian bersih roti jamuran aman dimakan?

Dari Mana Datangnya Jamur

Udara di sekitar kita sebenarnya tidak benar-benar bersih lho. Ada berbagai kotoran, bakteri, termasuk juga jamur di udara sekitar kita. Jamur memang termasuk jenis tumbuhan, tetapi ia tidak memiliki klorofil, alias zat hijau daun. Jadi, ia harus “menumpang” pada hewan atau tumbuhan lain, agar dapat makan dan bisa hidup. Di roti tentunya ada banyak nutrisi dan dapat menjadi tempat tumbuh yang baik untuk jamur makanya, roti berjamur cukup sering kamu temukan, terlebih setelah berhari-hari membiarkan rotimu di ruangan terbuka.

Apakah Masih Bisa Dimakan?

roti-berjamur-dipotong-1

sumber gambar: Science Insider

“Potong aja, kan masih ada bagian yang bersih”, ini pasti jadi pernyataan paling umum dari kamu yang memutuskan untuk tetap memakan roti berjamur ya. Pertanyaannya, apakah bagian itu benar-benar bersih?

Sayangnya tidak karena jika di rotimu ada bagian yang tampak bercak-bercak berwarna kehitaman, kuning, atau pun putih-nya merupakan bagian jamur yang sudah muncul di permukaan. Sementara itu, di bagian yang tampak bersih terdapat akar jamur berupa hyphae yang tidak tampak di permukaan.

akar-pada-roti-berjamur

sumber gambar: Science Insider

Ibaratnya seperti gunung es nih, ada bagian yang tampak di permukaan, ada pula bagian lain yang ada di bawah laut, tidak tampak oleh mata. Maka dari itu, bagian bersih dari roti jamuran pun sudah mengandung banyak jamur. Jadi sebaiknya langsung kamu buang saja, karena juga tidak aman dimakan.

Bahaya Makan Roti Berjamur

Memang ada banyak jamur yang tidak seberapa berbahaya buat tubuhmu, terlebih yang ada di roti berjamur juga tidak berbahaya jika kondisi tubuhmu sedang benar-benar fit. Masalahnya, ada ribuan jenis jamur yang ada di muka bumi ini, dan sulit membedakan mana yang berbahaya atau tidak. Efeknya bisa saja kamu mual dan muntah, infeksi, hingga aliran darah tersumbat dan menghambat aliran oksigen di tubuhmu.

Daripada bingung mengklasifikasikan apa roti jamuran tersebut mengandung jamur yang aman dimakan atau tidak, lebih baik disingkirkan bukan?

Saya Menemukan Roti Berjamur, Apa Yang Harus Saya Lakukan?

Sebenarnya, ada beberapa makanan yang masih aman dimakan meskipun ada bagian yang berjamur. Makanan yang masih aman dimakan itu misalnya saja buah dan sayuran beku yang keras dan tidak mengandung banyak air, misalnya wortel atau pun paprika. Selain itu juga keju, daging salami serta ham.

sayuran

sumber gambar: Pexels

Cukup potong bagian yang berjamur dan sekitar 1 cm sekitarnya. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan dan alat potongmu, dan jangan mengenai jamurnya, agar bagian lain tidak terkontaminasi.

Roti-roti lain yang berada di dalam satu bungkus dengan roti jamuran pasti juga sudah terkontaminasi karena jamur bereproduksi dengan sporangium.

sporangium

sumber gambar: Science Insider

Setiap sporangium mengeluarkan ribuan serbuk spora yang bisa tertiup angin dan menempel dengan mudah ke tempat lain. Jika ada satu roti berjamur berarti semua roti di kemasan tersebut sudah terkontaminasi. Jadi, buang saja ya!

bungkus-roti-terkontaminasi

sumber gambar: Science Insider

Kalau kamu berpikir, bahwa memanaskan roti jamuran bisa membunuh jamur, agaknya kamu keliru. Karena, jamur tidak akan mati sekalipun kamu panaskan dalam suhu tinggi. Roti berjamur tersebut akan tetap terkontaminasi, dan mengandung jamur dengan dampak negatif bagi tubuhmu. Kalau kamu memang ingin menyimpan rotimu dalam waktu yang lebih lama, kamu bisa menutupnya rapat-rapat atau dimasukkan ke dalam kulkas.

Nah, kalau kamu ingin mencari toko roti terenak di dekatmu, cari aja di alamat.com. Ada banyak referensi pilihan toko roti buat kamu, lengkap dengan review dari orang-orang yang sudah berkunjung, jadi kamu tahu kondisi jelas tokonya nih. Jangan lupa, setelah kamu berkunjung, berikan review juga yuk.

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia