Apa Itu Ulasan Bisnis dan Kenapa Kamu Harus Peduli

BisnisAlamat SuksesInfo BisnisUlasan Bisnis

Apa Itu Ulasan Bisnis dan Kenapa Kamu Harus Peduli

Kalau kamu pernah belanja online, tentunya kamu tidak akan sembarangan memilih toko bukan? Pasti kamu lebih percaya dengan toko yang reputasinya baik atau sudah pernah bertransaksi sebelumnya. Hal tersebut bisa dilihat dari review customer yang pernah membelinya atau pun rating toko tersebut di beberapa website e-commerce atau pun media sosial.

Semakin “sepi” ulasan toko tersebut, tentunya kamu akan berpikir dua, tiga, bahkan empat kali untuk bisa berbelanja di sana. Karena, berbelanja secara online berbeda dengan jika kamu datang langsung ke tokonya. Saat berbelanja online, kamu hanya bisa mengandalkan ulasan customer yang ada, atau pun review dari toko dan produk yang kamu inginkan. Menyadari pentingnya hal tersebut sebagai customer, saat kamu berjualan pun, kamu harus menyediakan review atau ulasan bisnis tersebut pula, agar usahamu bisa kredibel di mata customer.

Ulasan Bisnis Membuatmu Terlihat Di Antara Ribuan Pesaing

Di era modern sekarang ini, ribuan penjual online berlomba-lomba menarik customer agar memberi barang dari mereka. Namun, belum semuanya menyadari apa pentingnya review atau pun ulasan bisnis milik mereka. Dengan ulasan, customer jadi lebih bisa percaya, dan meningkatkan kemungkinan mereka untuk melakukan pembelian berikutnya.

Dampak Viral Marketing & Word of Mouth Dari Ulasan Bisnis-mu

Review atau ulasan bisnis pula yang akan membantu melakukan viral marketing, atau pun Word of Mouth Marketing bagi usahamu. Artinya, usahamu yang bereputasi baik akan dibicarakan dari satu orang ke orang lainnya. Satu orang yang sudah pernah membeli, akan memberitahukan kepada temannya, dan begitu seterusnya. Oleh sebab itu, review atau ulasan bisnis sangat penting untuk usahamu, karena membuatmu semakin dikenal publik, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan tentunya membuat penjualanmu meningkat pula. Sekali dayung, tiga pulau pun terlampaui untuk bisnismu, wah!

Ulasan Bisnis Sangat Penting Bagi Customer

Dari sisi customer pun, selain mencari harga termurah, mereka tentunya akan mencari usaha dengan reputasi yang baik, dengan ulasan pembeli yang baik pula.

Pelanggan-Bingung-Tidak-Ada-Ulasan-Bisnis-Jelas

Tempat yang tidak memiliki review tentu akan membuat customer ragu untuk berbelanja di sana karena terlihat tempat tersebut tidak ada pembelinya sehingga tidak bisa diketahui bagus jeleknya pelayanan tempat tersebut, termasuk dengan barang yang ditawarkannya.

Selain itu, semua komentar positif dengan nama-nama pembeli yang mencurigakan pun akan membuat kita bertanya, apakah ini pembeli sungguhan, atau hanya fake (palsu)?

Terakhir, jika ulasan bisnis tersebut buruk semua ditambah tidak ada respon atas keluhan pelanggan, apakah tempat ini masih masuk dalam pertimbangan mereka? Zaman semakin pintar, tentunya customer pun semakin pintar pula dalam berbelanja. Customer akan mencari review atau ulasan sebanyak mungkin, sebelum yakin untuk melakukan pembelian.

Empat Tips Bisnis Buatmu: Menggunakan Ulasan Customer Sebagai “Senjata”

  • Ajak Customer Membuat Ulasan di Toko Online-mu
    Sudah tahu bukan, bahwa memanfaatkan ulasan bisnis menjadi salah satu tips bisnis yang baik untukmu? Karena itu mintalah ulasan dari para pembelimu. Untuk menarik minat mereka, berikan pula “hadiah” atas ulasan yang mereka lakukan. Misalnya saja yang meng-upload foto dan membuat review akan mendapatkan point rewards. Untung buatmu, dan untung buat customer bukan?

  • Gabungkan Penilaian Bisnis Milikmu
    Jika kamu menggunakan berbagai platform seperti e-commerce, berjualan di media sosial, atau pun melalui website-mu sendiri, ulasan yang diberikan pun akan ada di berbagai tempat. Tips bisnis bagimu yang perlu diperhatikan, baiknya kamu menggabungkan semua ulasan tersebut dalam satu wadah, membuat customer lebih mudah “mendeteksi” usahamu.

  • Dapatkan Ulasan Di Website yang Bereputasi Baik
    Mencari review maupun ulasan bisnis memang penting, tapi ingat tips bisnis satu ini: jangan sembarangan memilih wadah. Sebaik apa pun data yang kamu kumpulkan terkait review atau ulasan bisnismu, tapi tempat “menyajikan”nya tidak tepat, tentunya tetap tidak akan efektif. Website yang jarang dikunjungi orang, tidak terkelola dengan baik, atau pun tidak memiliki reputasi yang baik, tidak akan membantu bisnismu juga ya.

  • Dapat Ulasan Negatif? Tenang, Tarik Napas, Respon dengan Baik, Perbaiki
    Tentu tidak 100% ulasan yang kamu dapat positif bukan? Satu, dua kali, pastinya ada ulasan negatif yang ditinggalkan untuk bisnismu. Tenang, review atau ulasan bisnis yang buruk bukan akhir segalanya kok buat usahamu. Yang penting, kamu tahu bagaimana mengatasinya. Perhatikan dulu ulasan tersebut, apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh customer tersebut, serta apa harapannya terhadapmu. Apa karena respon dan pelayanan yang kurang cepat, atau karena kecacatan pada barang yang mereka terima.

Tips bisnis untukmu, setelah mengetahui detail masalahnya, kamu harus cepat bertindak dan memberikan respon serta solusi terbaik. Jangan menyembunyikan review negatif tersebut, apalagi mengabaikannya. Kalau ternyata memang kesalahanmu, akui dan minta maaflah, serta tawarkan pengembalian, penukaran, bonus, potongan harga, dan lain sebagainya.

Minta-maaf-jika-membuat-kesalahan-dan-mendapat-ulasan-bisnis-negatif

Review negatif yang kamu atasi dengan baik, justru bisa membalikkan customer tersebut menjadi pelangganmu yang paling setia.

Mulailah Review atau Ulasan Bisnis-mu Sedini Mungkin

Nah, sudah tahu kan bagaimana pentingnya review atau ulasan bisnis untuk usahamu? Dari keempat tips bisnis tersebut, yang mana yang sudah mulai kamu terapkan? Yuk, mulai secepatnya, agar kamu pun bisa mendahului pesaingmu yang lain. Ingat, bisnis dengan review atau ulasan akan lebih dilirik oleh customer, karena melihat kamu lebih bisa dipercayai.

Mulailah dari Alamat.com dan biarkan customer-mu memasukkan review atau ulasan mereka terkait usahamu. Mereka cukup meng-upload foto, melakukan review, dan bahkan akan mendapatkan point rewards yang bisa ditukarkan berbagai voucher menarik. Dengan begitu, usahamu yang memiliki banyak ulasan pun akan semakin kredibel dan menjadi pilihan masyarakat. Penjualan? Tidak perlu ditanya, dengan sukarela customer akan menjadikanmu pilihan nomor satu dalam berbelanja.

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov.

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia http://about.me/geraldytony