Apa Itu Email Marketing dan Kenapa Kamu Harus Peduli

BisnisEmail MarketingAlamat SuksesInfo BisnisDigital Marketing

Apa Itu Email Marketing dan Kenapa Kamu Harus Peduli

Di era modern berbasis teknologi seperti sekarang ini, internet marketing tentunya menjadi salah satu strategi pemasaran sebagai cara memasarkan produk kita.

Strategi pemasaran, atau strategi marketing yang digunakan bisa melalui iklan di berbagai platform, termasuk juga di media sosial. Tengok saja media sosial yang kita gunakan sehari-hari, seperti facebook, instagram, sampai youtube, semua penuh dengan iklan berbagai produk. Sekarang pun semakin canggih, iklan yang ada terkait dengan pencarian yang pernah kamu lakukan, atau aktivitas internet yang pernah kita kerjakan.

Selain di media sosial, internet marketing bisa juga dilakukan melalui email, misalnya melalui email blast kepada target market tertentu. Tentunya ini menjadi bagian dari strategi marketing yang bisa kamu amati, dan bahkan kamu gunakan pula untuk usaha yang kamu jalani. Iklan tersebut bisa dipergunakan untuk memperkenalkan brand milikmu, produk terbaru, atau pun acaramu yang akan berlangsung. Jangan salah, meskipun mudah dijangkau dan dipergunakan, internet marketing pun bukan hal yang remeh dan tanpa strategi. Sebaliknya, kamu perlu strategi yang benar sebelum mulai “bertempur” dalam strategi marketing ini. Kalau tidak, kamu bersaing dengan ribuan brand lain tanpa punya tempat khusus di inbox customer yang coba kamu jangkau.

Fungsi Email Marketing

Fungsi email marketing melalui email blast kepada customer ini tentunya untuk menyampaikan informasi kepada customer, agar brand milikmu diingat dan dipilih mereka. Email blast yang akan kamu lakukan, tentunya harus mengandung informasi spesifik terkait produk yang kamu miliki. Mulai dari produk, gaya bicara, sampai desain dan warna yang kamu tampilkan, semuanya harus mencerminkan brand milikmu. Sehingga, kamu pun dikenali dan menjadi yang pertama diingat pada saat mereka membutuhkan produk seperti yang kamu pasarkan. Tentunya ini menjadi strategi marketing sebagai cara memasarkan produk yang baik bukan?

Ini Nih Cara Kerja Email Marketing

Cara kerjanya, kamu harus mempersiapkan konten terbaik, seunik dan sebagus mungkin untuk iklan milikmu, sehingga “nilai jual”mu lebih tinggi dibanding kompetitor. Kemas tulisannya sebaik mungkin, disertai infografis yang mendukung, dibuat personal, juga tambahan diskon dan promo tertentu. Untuk poin personal, misalnya saja pada saat email blast, kamu berikan nama sesuai masing-masing customer untuk email yang mereka terima, juga atur agar ada email blast ketika customer berulang tahun. Hal-hal sederhana seperti itu justru yang akan diingat mereka, dan merasa punya hubungan emosional dengan brand milikmu.

Dari Mana Mendapatkan List Email Tujuannya?

List email bisa kamu dapatkan melalui beberapa cara, yang paling umum adalah meminta mereka untuk sign up pada saat akan masuk ke website milikmu. Kemudian, berikan pilihan apakah mereka bersedia dikirimkan email terkait produk-produk yang kamu tawarkan. Sekalipun ini menjadi salah satu cara memasarkan produk, kebersediaan customer menjadi suatu hal yang penting pula. Jangan sampai akhirnya mereka merasa terganggu dengan iklan email blast yang kamu berikan, dan akhirnya menolak bertransaksi ke depannya. Pastikan juga jadwal terbaik, di mana biasanya customer sadar dengan email yang mereka terima ya, tentukan pula seberapa sering kamu akan melakukan email blast, serta buat tujuan yang jelas dari email blast yang kamu lakukan ini.

Keuntungan Menggunakan Email Marketing

Di zaman sekarang ini tentu masih ada yang melakukan promosi dengan membuka booth di pusat keramaian. Tapi, tentu dengan semua gadget yang tidak bisa terlepas dari tangan, internet marketing akan lebih menjangkau dan bisa mulai kamu coba serta kuasai sebagai cara memasarkan produk. Internet marketing, dalam hal ini email marketing, akan menjangkau lebih banyak customer yang kamu tuju, kapan pun, dan di mana pun. Tentu berbeda dengan strategi pemasaran yang dilakukan secara nyata dengan tempat fisik, karena yang bisa dijangkau hanya orang-orang yang datang ke tempat itu, pada saat tersebut. Sehingga, internet marketing bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif dan efisien sebagai cara memasarkan produk milikmu.

Contoh Email Marketing

Sebagai contoh, Alamat.com ini merupakan platform yang membantu UMKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang menyediakan barang dan jasa secara online to offline. Alamat.com membantu customer menemukan UMKM tersebut, berinteraksi, serta membangun kepercayaan dengan para customer-nya. Jadi konten website Alamat.com terbagi menjadi dua yaitu, untuk para pemilik bisnis dan customer. Tentunya iklan internet marketing melalui email blast yang dilakukan, harus dibuat berbeda untuk keduanya.

Misalnya pada saat sign-up, akan ada email blast kepada pemilik usaha menyatakan selamat bergabung, dan mereka bisa menjalin kedekatan dengan para customer di Alamat.com. Diberikan juga infografis terkait awal mula, serta apa tujuan dan dampak positif Alamat.com bagi pemilik usaha tersebut. Dengan begitu, ia bisa mengetahui apa yang akan dilakukannya dengan platform ini, sebagai salah satu cara memasarkan produk miliknya. Bagi para customer, mereka akan mendapat informasi terkait kemudahan pencarian barang dan jasa yang mereka butuhkan. Selanjutnya, email blast berisi iklan promosi, serta acara-acara yang ada bisa dikirimkan kepada mereka. Tentunya dengan semenarik mungkin ya, agar email kita bisa “bersaing” dengan ratusan bahkan ribuan email lainnya dalam inbox tujuan kita.

Penggunaan Internet marketing melalui email blast, bisa menjadi salah satu cara memasarkan produk-produk milik kamu. Zaman dan teknologi semakin berkembang, karena itu teruslah membuka diri untuk kemungkinan strategi marketing yang bisa kamu gunakan untuk menjangkau lebih banyak lagi orang. Nah, kalau kamu sedang menyusun strategi untuk menjangkau lebih banyak customer, Alamat.com bisa menjadi tempat yang tepat. Cukup upload foto dan tulis review usahamu ke Alamat.com, ada point reward juga yang menunggumu!

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov.

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia http://about.me/geraldytony