Lupakan Mall, ini 4 Alternatif Aktifitas Keluarga Seru di Akhir Pekan

Aktifitas dan HiburanAnak dan KeluargaLifestyle

Lupakan Mall, ini 4 Alternatif Aktifitas Keluarga Seru di Akhir Pekan

Weekend bisa jadi hal yang paling ditunggu semua orang, apalagi mereka yang sudah sibuk bekerja dari Hari Senin sampai Jumat. Tidur dan istirahat seharian atau pergi jalan-jalan jadi ide nomor satu untuk pilihan menghabiskan weekend. Bagi kamu yang sudah berkeluarga, ide aktivitas anak dan keluarga pastinya penting, sehingga setiap weekend tidak hanya mall to mall saja. Kalau kamu merasa kehabisan ide, coba simak beberapa ide aktivitas anak dan keluarga yang Alamat.com sajikan berikut yuk.

Liburan di alam terbuka

Buat kamu yang hidup di kota besar dikelilingi gedung-gedung tinggi dan kemacetan, rasanya pas deh kalau weekend kali ini aktivitas anak dan keluargamu itu liburan di alam terbuka. Bisa dengan argowisata, mengunjungi tempat pertanian atau peternakan terdekat yang punya memiliki banyak aktivitas seperti memetik buah dan memberi makan hewan ternak. Kamu bisa juga pergi lebih jauh sedikit seperti ke pantai atau hiking dan camping ke gunung. Pastinya seru dan menyenangkan, sekaligus olahraga bersama keluarga juga ya.

hiking-di-gunung-bersama-keluarga

Kalau merasa argowisata, liburan ke pantai, dan gunung terlalu jauh, kamu bisa mencari alternatif ide aktivitas lain kok. Misalnya saja, dengan menghabiskan weekend di taman kota. Kamu bisa piknik, atau pun sekadar berjalan-jalan maupun bersepeda. Dengan melakukan banyak aktivitas bersama-sama anggota keluarga, tubuh dan pikiran lebih rileks dan hubungan satu sama lain pun akan jauh lebih baik.

Aktivitas di alam terbuka juga punya banyak manfaat baik buat anak-anak maupun diri sendiri seperti melatih kemampuan dan fisik, meningkatkan kemampuan bersosialisasi, serta memperat hubungan dengan anggota keluarga. Jadi tidak ada salahnya kan menjadikan liburan di alam terbuka sebagai aktivitas anak dan keluarga untuk weekend?

Menghabiskan waktu di rumah

Kalau sedang tak ingin atau tak bisa meninggalkan rumah, berbagai ide aktivitas menyenangkan di rumah bisa juga kamu coba untuk melewati weekend. Nonton film marathon, memasak dan pesta kebun, menata ulang rumah, sampai menanam pohon bisa jadi ide aktivitas anak dan keluarga untuk weekend nih. Pilihlah film dengan genre keluarga untuk ditonton.

menonton-dirumah-sebagai-aktifitas-keluarga

Film kartun pun banyak yang bagus, jadi jangan ragu untuk menontonnya. Masak bersama, pesta kebun, dan berkemah juga bisa jadi pilihan yang baik, terutama kalau kamu punya halaman yang luas di rumah. Kamu juga bisa melakukan permainan-permainan kecil yang menyenangkan dan melibatkan semua anggota keluarga.

Nah, kalau kamu merasa rumah perlu “dibenahi”, membereskan rumah dan menanam pohon bisa jadi ide aktivitas yang kamu masukkan dalam list weekend ini. Daripada berbenah sendirian, lebih seru jika semua anggota keluarga ikut membantu. Dampak baiknya, semua jadi punya tanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kerapihan rumah.

Keliling kota

Tinggal di kota juga bisa memberikan banyak ide aktivitas untuk weekend-mu. Tidak melulu ke mall, coba tengok taman bermain, alun-alun kota, museum, sampai pasar malam. Lama tinggal di kotamu, apa sudah pernah menjelajah seluk-beluk kotamu itu? Kalau belum, weekend ini saatnya kamu menjelajah dan berjalan-jalan mengitari kota. Kamu lelah bekerja satu pekan ini, dan anak-anak pun lelah dengan sekolah mereka satu pekan ini pula. Bermain di taman bermain bisa jadi pilihan yang menyenangkan nih, terutama dengan berbagai wahana permainan dan aktivitas yang ada di sana.

keliling-kota-sebagai-aktifitas-keluarga

Berkunjung ke alun-alun kota dan pasar malam pun pastinya menyenangkan, karena akan ada banyak orang yang ke sana. Tak jarang ada banyak atraksi yang ditampilkan, juga banyak macam-macam jualan yang ditawarkan di sana. Terakhir, museum pun bisa jadi pilihan sebagai ide aktivitas anak dan keluarga-mu lho. Tidak selalu dengan kesan kuno, banyak museum sudah menjadi modern dan menyenangkan untuk dikunjungi. Jadi sambil liburan, sekaligus mendapat pembelajaran baru soal budaya dan sejarah.

Mengunjungi saudara

Kesibukan seringkali membuat kita jarang bertemu dengan saudara ya. Nah, momen weekend ini bisa jadi saat yang tepat untuk mewujudkan ide kumpul keluarga yang sudah lama direncanakan. Bisa pilih di rumah salah seorang kerabat atau menyewa villa untuk satu-dua malam sekadar untuk berkumpul, mengobrol, dan berbagi cerita. Pastinya menyenangkan sekaligus jadi ajang melepas rindu dan mempererat tali persaudaraan. Mau dong, punya hubungan yang hangat dengan keluarga besar?

aktifitas-weekend-mengunjungi-saudara

Dari empat ide aktivitas anak dan keluarga ini, mana nih yang kira-kira akan menjadi pilihanmu weekend ini? Kebanyakan orang akan bingung pada saat akan mengunjungi tempat baru dan berusaha mencari review sebanyak mungkin tentang tempat itu. Tenang, tidak perlu bingung. Kamu bisa buka Alamat.com dan melihat berbagai tempat terdekat yang bisa kamu kunjungi, beserta review dari orang-orang yang sudah pernah berkunjung. Jadi, kamu bisa tahu deh apakah tempat tujuanmu itu benar-benar bagus dan cocok sebagai ide aktivitas keluargamu weekend ini.

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Editor at alamat.com blog, SEO & SEM Specialist at alamat.com.

Jakarta, Indonesia