7 Cara Jangkau Generasi Millennial sebagai Target Konsumen Potensial Dengan Mudah

Alamat SuksesInfo BisnisMillennialDigital MarketingStrategi PemasaranBisnis

7 Cara Jangkau Generasi Millennial sebagai Target Konsumen Potensial Dengan Mudah

Generasi millennial identik dengan anak muda yang akrab dengan teknologi dan sosialita. Gaya hidup para kaum muda ini juga terbilang unik dan berbeda dari generasi-generasi sebelumnya karena mereka lebih rela menghabiskan uang untuk gaya hidup yang lebih praktis. Karena hal inilah, para pemilik bisnis harus pintar-pintar dalam menjangkau generasi millennial sebagai calon konsumen yang prospektif.

millenial-sebagai-target-konsumen

Salah satu cara yang perlu dilakukan untuk bisa merangkul generasi kelahiran tahun 1980 hingga 2000-an ini yaitu dengan menyesuaikan strategi pemasaran bisnis. Agar kamu bisa sukses merebut hati para kaum millennial, yuk intip strategi pemasaran apa saja yang bisa diterapkan!

Gunakan Media Sosial Terbaru

Generasi millennial terlahir di tengah kemajuan teknologi yang pesat. Tak heran, kelompok ini tergolong lebih akrab dengan teknologi. Hal ini bisa dijadikan pertimbangan tersendiri untuk membuat strategi pemasaran. Jangkau generasi anak muda ini dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook. Dengan hadir di media sosial tempat millennial berkumpul, sebuah merek akan bisa masuk ke dunia millennial dan lebih mudah populer di kalangan tersebut.

Manfaatkan Iklan Berbayar di Media Sosial

Membuat akun dan membagikan konten memang gratis di banyak platform media sosial. Namun, tahukah kamu bahwa sekarang hampir semua media sosial sudah menawarkan fitur khusus bisnis, seperti untuk memasang iklan? Jangan ragu untuk menggunakan iklan berbayar agar kontenmu bisa mencapai target yang lebih sesuai. Biasanya, iklan berbayar di media sosial bisa dilakukan dalam berbagai rentang biaya, serta ditujukan untuk demografi target yang lebih spesifik.

Buat Konten Kreatif

Sudah ada banyak sekali iklan hard-selling yang hanya fokus untuk memasarkan produk. Iklan “tradisional” seperti ini kemungkinan besar tidak akan akan sukses mengambil hati para millennial. Coba buat konten yang lebih kreatif dan informatif agar bisa menawarkan nilai lebih bagi para millennial. Konten seperti inilah yang nantinya bisa mengubah persepsi millennial terhadap sebuah brand. Bonusnya lagi, semakin unik konten yang dibuat, semakin mudah juga konten bisa menjadi viral!

Tonjolkan Aspek Fleksibilitas dan Kepraktisan

Terbiasa dengan segala kemudahan dengan teknologi, generasi millennial terus mencari kepraktisan dan tidak mau direpotkan dengan hal-hal yang dirasa membuang waktu mereka. Untuk itu, buatlah user experience yang mudah dan fleksibel agar para millennial bisa dengan mudah mencoba sebuah produk dan jasa yang ditawarkan. Buat agar layanan dan produk kamu bisa diakses dan digunakan semudah mungkin.

Gandeng Influencer untuk Menjangkau Komunitas

Jangan hanya memanfaatkan media bisnis sendiri untuk promosi, coba juga ajak influencer untuk membuat promosi yang seru. Promosi dengan influencer ini sudah banyak dilakukan untuk meningkatkan penjualan hingga brand awareness. Tergantung apa kebutuhan bisnismu, nyatanya ada cukup banyak strategi pemasaran produk baru yang bisa dicoba dengan influencer, seperti affiliate marketing, giveaway, sponsored post, dan endorse. Namun jangan sembarangan menjalin kerjasama dengan siapa saja. Pilih influencer yang sesuai dengan industri bisnismu.

Berikan Kebebasan Berekspresi

Generasi millennial kini berusia cukup muda dengan sifat uniknya masing-masing yang ingin ditonjolkan. Nah, manfaatkan sifat ini untuk memberikan kesempatan bagi millennial untuk berekspresi. Misalnya, berikan kesempatan mengkustomisasi produk sehingga mereka bisa mendapatkan pengalaman yang lebih seru. Jika para millennial merasa ada suatu hal unik, mereka juga secara otomatis akan membagikan pengalamannya di media sosial. Lumayan kan, bisnismu jadi bisa lebih dikenal di media sosial?

Maksimalkan Pengalaman Mobile

Menurut survei yang dilakukan oleh Nielsen, millennial merupakan segmen pemilik smartphone terbesar. Artinya, millennial sudah sangat akrab dengan gadget mungil yang canggih satu ini. Sayang sekali apabila di zaman sekarang, sebuah brand tidak memiliki platform atau akses dari perangkat seperti smartphone. Ciptakan konten yang bisa diakses secara online ataupun aplikasi yang memudahkan agar para millennial tertarik untuk menggunakan produk dan jasa dari sebuah produk.

tarik-generasi-millenials-ke-bisnismu

Nah, kurang lebih itu semua yang perlu kamu lakukan untuk menarik kaum millenials. Agar bisnismu lebih populer di kalangan millenials, yuk gabung di Alamat.com. Kamu akan mendapatkan halaman online khusus bisnismu dan bisa mendapatkan rating dan review untuk meningkatkan reputasi bisnismu!

artikel ini ditulis oleh Maria Juwita

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia