5 Tips Agar Makanan Hasil Jepretanmu Makin Kayak Food Blogger

Food PhotographyMakananFotografiTips and TrickMunchies

5 Tips Agar Makanan Hasil Jepretanmu Makin Kayak Food Blogger

Fotografi makanan kini lebih dari sekadar profesi, melainkan juga banyak digemari sebagai hobi. Banyak orang mengabadikan santapan di atas meja untuk dibagikan ke media sosial ataupun untuk review di blog. Sebenarnya, memotret foto makanan terbilang simpel dan mudah dengan beberapa trik yang tepat. Siapa pun bisa kok menjadi fotographer makanan handal, ini dia 5 tips jitu memotret makanan agar hasilnya makin kece!

5-tips-memotret-makanan

Pastikan Cahaya Cukup Terang

Satu aspek dasar tidak bisa dilepaskan dari fotografi yaitu lighting. lighting yang minim atau buruk bisa mengacaukan hasil foto. Karena itu, manfaatkan cahaya matahari atau sinar lampu untuk mendapatkan hasil foto yang baik dan jernih.
Tip: ambil foto di luar ruangan atau dekat jendela agar cahaya matahari bisa menerangi fotomu. Jika kebetulan sedang berada di dalam ruangan yang minim cahaya, kamu juga bisa menggunakan light box yang terbuat dari kardus dan lampu untuk mendapatkan foto sempurna ala studio.

Gunakan Perlengkapan Agar Foto Lebih Menarik

Selain sibuk menata posisi makanan, tak ada salahnya jika kamu juga memanfaatkan berbagai perlengkapan yang ada di atas meja sebagai pelengkap. Misalnya, gunakan taplak meja dengan motif lucu sebagai latar atau tata alat makan di sekitar makananmu dengan rapi.

gunakan-efek-makanan-agar-semakin-terlihat-menarik

Kamu juga bisa memanfaatkan detail dari makanan itu sendiri untuk menambah efek dramatis, seperti asap yang mengepul atau lelehan cokelat di atas kue misalnya.

Harus Gesit Sebelum Makanan Berubah Bentuk

Kebanyakan makanan tidak bisa mempertahankan bentuknya dalam jangka waktu yang lama. Es krim misalnya, dessert satu ini sangat rentan meleleh dan mencair jika terpapar udara panas dalam waktu yang lama. Tak perlu bersiap-siap hingga hitungan jam, sebaiknya kamu harus sudah siap dan gesit dalam mengambil foto makanan. Strategi yang bisa kamu coba yaitu mempersiapkan segala keperluan dan penataan sebelum makanan tiba, sehingga kamu bisa langsung menyesuaikan angle ketika makanan siap.

Siapkan Kamera yang Bagus

Kamera yang bagus bukan berarti kamera mahal seharga belasan hingga puluhan juta. Kamera ponsel saja sebenarnya sudah cukup kok untuk mengambil foto makanan. Kuncinya, perhatikan fokus dan setting-an kamera yang kamu gunakan. Akan lebih baik jika kamu bisa menggunakan perlengkapan foto yang mumpuni untuk keperluan profesional, tapi jika tidak ada, kamera ponsel pun juga bisa kok menghasilkan foto dengan kualitas oke!

kamera-ponsel-untuk-mengambil-foto-makanan

Gunakan Filter dan Teknik Mengedit Foto

Sekarang sudah ada banyak sekali aplikasi edit foto yang bisa kamu gunakan. Mulai dari aplikasi berbayar hingga yang gratis, apapun bisa kamu manfaatkan untuk mempercantik foto kulinermu. Tidak ada salahnya juga untuk bereksperimen dengan filter dan setting-an untuk memulas hasil jepretanmu, seperti bermain dengan efek blur, exposure, sharpness, highlight, shadow, dan lain sebagainya.

maksimalkan-hasil-jepretan-dengan-photo-editing

Nah, itulah beberapa hal dasar yang perlu kamu ketahui untuk mengabadikan foto makanan agar terlihat layaknya profesional. Kamu gemar mengoleksi dan menjepret santapanmu di restoran? Yuk, upload fotomu dan tulis review makanan yang kamu santap ke Alamat.com dan dapatkan point reward!

artikel ini ditulis oleh Maria Juwita

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia