Tahun Baru Imlek 2019, Ini 10 Pantangan Yang Tidak Boleh Kamu Lakukan!

Tahun Baru Imlek2019Pantangan ImlekLifestyle

Tahun Baru Imlek 2019, Ini 10 Pantangan Yang Tidak Boleh Kamu Lakukan!

Selain identik dengan angpao dan kumpul keluarga, ternyata imlek punya banyak pantangannya loh. 10 hal dibawah ini dipercaya akan membawa pengaruh buruk, atau kesialan sepanjang tahun bagi yang melakukannya. Kira-kira apa saja yang kamu tahu?

Bersih-bersih

Hal pertama yang tidak diperbolehkan saat imlek adalah bersih-bersih. Lho kenapa? Karena, menyapu pada hari imlek dianggap sama dengan menyapu keluar rezeki dan keberuntungan sepanjang tahun keluar dari rumah. Biasanya bersih-bersih dilakukan sebelum imlek tiba dan sampah di hari imlek biasanya dikumpulkan dan dibuang sehari setelahnya.

Bersih-bersih ini juga termasuk untuk diri sendiri, yang dianggap tabu untuk keramas pada saat imlek. Kata “rambut” dan “keberuntungan” memiliki pelafalan yang sama pada huruf mandarin. Jadi, mencuci rambut dianggap juga “mencuci”, atau membuang semua rezeki kita di tahun yang baru.

Minum Obat, Ke Dokter, Atau Pun Operasi

Ini juga tabu untuk dilakukan pada saat merayakan tahun baru Imlek. Dipercaya bahwa jika kita “berinteraksi” dengan obat-obatan dan dokter, kita bisa-bisa sakit sepanjang tahun yang baru, pastinya tidak mau kan?

Menggunakan Benda Tajam Atau Memecahkan Barang

Berikutnya, benda-benda tajam wajib kamu jauhkan selama perayaan imlek nih. Benda-benda tajam seperti gunting dipercaya akan memotong rezekimu selama di tahun yang baru. Selain itu, tabu juga untuk memecahkan keramik atau gelas, karena dianggap bisa memecahkan, atau memutuskan jalan kita dengan kesuksesan dan keberuntungan.

Baju yang Tidak Sesuai

Warna merah melambangkan keberuntungan dalam tradisi Tionghoa. Karena itu, merah dan warna-warna cerah bisa jadi pilihan terbaik untuk melewati tahun baru Imlek. Tidak boleh menggunakan pakaian berwarna hitam atau pun putih. Karena keduanya dianggap sebagai warna berkabung dan kedukaan.

Memberikan Kado yang Dianggap Tabu

Siapa yang tidak senang jika diberikan hadiah? Nah, tapi harus berhati-hati pada saat memberikan kado ketika imlek nih. Karena, beberapa kado justru memiliki makna yang sangat, sangat buruk. Peringkat pertama yang paling tabu adalah jam, karena memiliki persamaan pelafalan dengan kata dalam bahasa mandarin, yang berarti penghormatan terakhir pada saat kematian seseorang.

Berikutnya ada pula buah pir, terutama setelah dipotong. Karena, bahasa mandarinnya sama dengan perpisahan. Oh iya, khusus untuk pantangan kado ini, berlaku dalam semua keadaan ya, tidak hanya pada saat imlek saja.

Pantangan Makanan

Tidak boleh makan bubur di pagi hari ketika tahun baru Imlek. Alasannya, karena bubur konon dianggap sebagai sarapan untuk orang yang kurang berada sehingga dipercaya kalau memulai hari dengan perlambangan kemiskinan bukanlah sesuatu yang baik untuk sepanjang tahun.

Selain itu, perlu diperhatikan juga agar tempat nasi tidak kosong selama tahun baru berlangsung. Kosongnya tempat nasi diasosiasikan dengan perkabungan, karenanya berhenti memasak selama imlek bisa menjadi pertanda buruk nih.

Menagih Hutang

Jangan menagih hutang dan jangan juga berhutang. Menagih hutang dianggap negatif karena mengganggu kebahagiaan orang lain yang sedang merayakan tahun baru. Sebaliknya, dengan berhutang dipercaya bahwa kamu akan terus berhutang sepanjang tahun.

Bertengkar

Jangan bertengkar dan jangan menangis. Bisa menebak alasannya dong? Ya, karena hal tersebut dipercaya akan menyebabkan adanya pertengkaran sepanjang tahun. Jadi kalau mau sepanjang tahun berjalan mulus, hindari pertengkaran dan tangisan ya. Kalau pun ada masalah, wajib diselesaikan baik-baik, ok?

Pantangan Ketika Memberi Ucapan

Tabu untuk mengucapkan berkat atau ucapan selamat pada saat seseorang masih berbaring di atas ranjang. Hal ini dipercaya kalau yang diberi ucapan selamat bisa-bisa akan terbaring sepanjang tahun. Selain itu, ternyata juga tidak boleh membangunkan seseorang yang sedang tidur, karena dipercaya kalau orang tersebut akan terus terburu-buru dan diperintah sepanjang tahun.

Jangan Berkata Hal-Hal Negatif

Jangan berkata hal negatif, karena tentunya akan membawa ketidakberuntungan sepanjang tahun bagimu dan bagi orang-orang terdekatmu. Kata-kata negatifnya apa saja sih? Kata-kata tersebut termasuk ke(mati)an, sakit, kosong, nyeri, hantu, miskin, hancur, bunuh, dan lain sebagainya.

Nah, 10 poin di atas merupakan hal-hal apa saja yang dipercaya tabu saat tahun baru imlek. Semoga di tahun yang baru ini semua keberuntungan dan kesuksesan ada bersamamu, dan hasil jerih lelahmu terbayarkan ya! P.S. kalau kamu bingung mau makan di mana bareng keluarga besar jangan lupa cek alamat.com ya. Disana kamu dapat menemukan beragam pilihan restoran dan santapan enak yang bisa kamu sekeluarga nikmati ketka tahun baru Imlek nanti.

artikel ini ditulis oleh Irene Gianov

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia http://about.me/geraldytony