Yuk Berhemat Dengan 10 Cara Sederhana ini!

Tips and TrickHematLifestyle

Yuk Berhemat Dengan 10 Cara Sederhana ini!

Menjelang akhir tahun, tidak sedikit orang yang sudah mulai merencanakan kegiatan liburan. Jalan-jalan ke tempat favorit atau sekadar menghabiskan waktu bersama keluarga, tentunya agenda akhir tahun akan membutuhkan dana. Pertanyaannya, sudahkan kamu memiliki tabungan yang cukup untuk mengakomodasi rencana akhir tahunmu? Jika belum, ini saatnya kamu mulai berhemat dan menabung. Agar kamu bisa mulai menyisihkan uang untuk liburan di akhir tahun, berikut tips hemat sederhana berikut untuk menyimpan uangmu!

1. Tetapkan Target untuk Menabung

target-untuk-menabung
Dengan tujuan yang lebih jelas, biasanya motivasi untuk menabung akan muncul dengan sendirinya. Misalnya, ingin mengumpulkan uang untuk menikah, membeli mobil, renovasi rumah, liburan ke luar negeri, atau biaya pendidikan anak. Dengan jumlah yang jelas untuk tujuan tersebut, kamu juga bisa menentukan porsi uang yang bisa disisihkan untuk ditabung tiap bulannya.

2. Penuhi Kebutuhan dan Kurangi Keinginan

lemari-baju
Satu tantangan terbesar dalam berhemat yaitu godaan untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan, melainkan hanya merupakan keinginan semata. Apakah kamu benar-benar membutuhkan baju baru? Coba tengok kembali isi lemarimu dan pikirkan kembali sebelum kamu melakukan transaksi. Sebaliknya, alokasikan uangmu untuk memenuhi kebutuhan mendesak yang memang harus segera diselesaikan.

3. Catat Pengeluaran Lain-lain

catat-pengeluaran
Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Peribahasa tersebut rasanya cocok dengan kondisi keuangan kebanyakan orang. Pengeluaran kecil yang diakumulasikan akan menjadi pengeluaran besar. Inilah mengapa terkadang kita tidak sadar ke mana saja pengeluaran kita selama ini. Agar kamu memiliki gambaran jelas untuk mengatur budget, catat setiap pengeluaran kecil yang kamu habiskan sehari-hari.

4. Tambah Pendapatan dengan Pekerjaan Sampingan

kerja-freelance-untuk-menambah-pendapatan
Selain dengan sibuk menekan pengeluaran, cara lain yang bisa kamu coba untuk menabung yaitu dengan menambah pendapatan dari pekerjaan sampingan. Ada banyak sumber pendapatan lain yang bisa kamu coba, seperti pekerjaan freelance, berjualan online shop, hingga mendapatkan pendapatan pasif dari instrumen investasi. Dengan memiliki penghasilan ekstra, maka akan lebih banyak juga uang yang bisa kamu tabung!

5. Sisihkan Pendapatan untuk Investasi

investasi
Setelah menerima gaji, mulai biasakan dirimu untuk menyisihkan terlebih dahulu uang untuk investasi. Apalagi, sekarang investasi sudah semakin mudah untuk dilakukan, bahkan bisa diakses melalui mobile atau online banking. Berinvestasi di awal bulan juga membantumu untuk menyimpan uang dengan lebih baik daripada di akhir bulan. Pilih instrumen investasi yang sesuai dengan kemampuan dan tujuan, serta jangan lupa juga untuk pertimbangkan risikonya.

6. Kurangi Frekuensi Makan di Restoran

bawa-bekal-dari-rumah-untuk-hemat
Uang yang dihabiskan untuk membeli makanan menyumbang porsi terbesar dari pengeluaran. Untuk menyiasatinya, kamu bisa coba untuk lebih sering makan di rumah atau membawa bekal makan siang agar bisa menghemat uang makan.

7. Evaluasi Pengeluaran Paket Data, Internet, TV Kabel, dan Lainnya

evaluasi-pengeluaran
Tak jarang orang berlangganan sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan atau digunakan. Misalnya, memilih paket data dengan kuota yang tidak habis terpakai atau berlangganan TV kabel yang jarang ditonton. Agar pengeluaranmu tidak sia-sia, coba lakukan evaluasi kembali untuk memilih opsi langganan yang dibutuhkan.

8. Simpan Pecahan Uang Kecil di Toples

modal-usaha-1
Masih ingat celengan kecil yang kamu punya semasa kecil? Trik menabung secara manual satu ini bisa kamu coba lagi sekarang untuk menyimpan sisa uang kecil. Cobalah untuk mengosongkan dompetmu dari pecahan uang receh tiap minggu, baik itu uang koin atau kertas, di sebuah toples. Meskipun pecahannya tidak seberapa, tetapi jika dikumpulkan dengan rutin pasti jumlahnya akan cukup besar.

9. Autodebet Gaji untuk Ditabung

autodebet-rekening-bank
Banyak bank kini menawarkan fitur tabungan berjangka untuk menabung rutin. Kelebihannya, kamu bisa memilih agar saldo rekening dipotong secara otomatis (autodebet) untuk ditransfer ke tabungan berjangka. Dengan begini, kamu tidak punya lagi alasan untuk tidak menabung!

10. Manfaatkan Promo dan Penawaran Khusus

promosi
Mall, restoran, bioskop, hingga transportasi online, semua perusahaan kini memberikan promo dan penawaran khusus untuk pelanggannya. Nah, agar kamu bisa berhemat dan menabung lebih banyak, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan berbagai promo yang ditawarkan. Jangan lupa juga untuk berlangganan newsletter, karena beberapa toko biasanya menawarkan diskon khusus bagi subscriber-nya.

Kamu bisa juga mencari tahu berbagai promo dan penawaran khusus terbaik di Alamat.com. Baca review-nya, cek lokasinya, dan temukan banyak promo seru di tempat belanja kesayanganmu sekarang!

artikel ini ditulis oleh Maria Juwita

Geraldy Tony

Geraldy Tony

Content Editor at Alamat.com Blog

Jakarta, Indonesia